Larangan Mudik Sudah Final, Aturannya Segera Keluar!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 05 Apr 2021 21:00 WIB
Pemudik memadati Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Hingga kini tercatat sebanyak 5.869 penumpang telah keluar Jakarta melalui terminal ini.
Foto: Agung Pambudhy

Mudik Gerakan Ekonomi, Tapi...

Muhadjir mengatakan, mudik memang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, namun tak sebanding jika kasus Corona naik. Pernyataan Muhadjir ini disampaikan saat saat menutup rangkaian kegiatan Tanwir I Pemuda Muhammadiyah di Manado, Sulawesi Utara, kemarin (4/4).

Mulanya, Muhadjir mengatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah harus memanfaatkan momentum masalah di Indonesia, misalnya seperti mudik Lebaran.

"Organisasi kepemudaan, termasuk Pemuda Muhammadiyah, harus memanfaatkan momentum masalah yang ada di Indonesia. Misalnya soal larangan mudik," kata Muhadjir.

Muhadjir mengakui aktivitas mudik mampu mendorong pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain sehingga berujung pada peningkatan daya ekonomi. Namun, menurutnya, mudik juga dapat berdampak terhadap semakin meluasnya penyebaran COVID-19.

"Mudik itu memang untungnya menggerakkan orang untuk menggerakkan roda ekonomi. Tapi nanti kalau COVID itu terjadi, biaya penanganan COVID itu tidak akan cukup dari keuntungan ekonomi (mudik)," ujarnya.


(acd/zlf)