D'Mentor: Jurus UMKM Go International

detikTV - detikFinance
Rabu, 07 Apr 2021 13:49 WIB
Jakarta -

Berbagai produk usaha yang dihasilkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk ikut bersaing di pasar internasional. Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang mudah diakses para pelaku usaha, terutama pengusaha baru dari kalangan milenial atau generasi Z.

Kondisi tersebut bisa menjadi peluang menjanjikan bagi para pengusaha UMKM Indonesia. Selain memiliki pengaruh yang besar bagi UMKM sendiri, kegiatan ekspor juga dapat membantu pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

Namun masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui bagaimana cara menjual produknya ke pasar internasional. Penyebabnya adalah masih minimnya pengetahuan dan pelatihan bagi UMKM untuk dapat merealisasikannya. Karena itu, para pelaku usaha harus dapat memahami langkah awal serta tahapan-tahapan ekspor agar produknya dapat menembus pasar internasional.

Lantas, hal apa saja yang perlu disiapkan oleh UMKM untuk memulai mengekspor produknya? Bagaimana tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam memulai ekspor? Untuk menjawabnya, dMentor kali ini menghadirkan Dewi Ekha Harlasyanti, seorang pengusaha dan CEO PT Diva Prima Cemerlang, yang menjual produk bulu mata palsu dan telah mengekspor produknya ke 9 negara.

Jadi bagi detikers yang ingin mencuri ilmu dan tips bagaimana mengekspor produk usaha, simak perbincangannya dalam dMentor: 'UMKM Go International' bersama Dewi Ekha Harlasyanti.

(hnf/hnf)