Jadi Eksportir Bisa Tanpa Modal! Begini Caranya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 09:41 WIB
Jakarta -

Banyak pelaku usaha ingin merambah ekspor. Namun, tak jarang mereka ragu karena terbentur masalah biaya. Tenang, ternyata ada cara agar ekspor bisa tanpa modal alias cuma-cuma.

CEO PT Diva Prima Cemerlang, Dewi Ekha Harlasyanti mengatakan, ekspor tanpa modal bisa dilakukan tergantung ketentuan pembayaran (term of payment).

"Sebetulnya ekspor tuh bisa tanpa modal loh, tergantung dari term of payment-nya," katanya dalam d'Mentor detikcom, Rabu (7/4/2021).

Ia pun mencontohkan, dalam term of payment bisa menawarkan ketentuan uang muka atau down payment (DP) 50%. Kemudian, sisanya 50% dibayarkan sebelum pengiriman (before shipment) ekspor.

"Kaya saya nih term of payment TT 50% down payment, 50% before shipment. Jadi ketika dapat down payment 50% ini kan bisa buat modal dan itu sudah menutup 80% ongkos produksi misalkan," ujarnya.

Setelah itu, sisa pembayaran akan diterima sebelum pengiriman. Dia bilang, biaya pengiriman akan ditanggung oleh pembeli.

"Kemudian sebelum dikirim ini sudah harus lunas dulu. Perkara shipping cost dan sebagainya, kita nggak usah mikirin, shipping cost itu buyer yang bayar," ujarnya.

(acd/fdl)