Apa yang Bikin Sri Mulyani Pede Ekonomi RI 2021 Tumbuh 5,3%?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 13:19 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun 2021 di kisaran level 4,5% hingga 5,3%. Sementara, beberapa institusi internasional seperti OECD meramal pertumbuhan ekonomi Indonesia di level 4,9%, IMF 4,3% dan World Bank 4,4%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ekonomi Indonesia bakal tumbuh di kisaran 4,5% hingga 5,3%. Hal itu didukung oleh APBN yang ekspansif.

"Pemerintah masih di dalam proyeksi 4,5 hingga 5,3% terutama didukung dengan APBN yang sangat ekspansif dengan defisit 5,7% untuk memulihkan berbagai aktivits ekonomi kita, mendukung usaha kecil menengah, mendukung bantuan sosial masyarakat, mendukung usaha dan mendukung pemerintah daerah," katanya dalam Bali Economic and Investment Forum 2021, Kamis (8/4/2021).

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi itu juga didukung oleh sinergi antara Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Kita juga bekerjasama dengan BI, OJK, dan LPS untuk terus memberikan dukungan dari sektor keuangan sehingga mereka bisa terus melakukan tugasnya seperti dari sisi kegiatan di capital market maupun perbankan dalam mendukung pemulihan ekonomi," paparnya,

Dia bilang, pemulihan ekonomi ini juga didukung oleh vaksinasi. Pemerintah menargetkan, vaksinasi dilakukan untuk 185,5 juta orang untuk mencapai herd immunity.

"Pemulihan ekonomi 2021 ditopang dengan berbagai hal pertama vaksin merupakan keharusan dengan target 185,5 juta yang tadi telah saya sampaikan lebih 13 juta kita vaksinasi dan Indonesia merupakan sedikit negara yang menebus vaksinasi di atas 10 juta namun vaksin sendiri bukan satu-satunya," ujarnya.



Simak Video "Sri Mulyani Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Sekitar 5%"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)