Wow! Beijing Jadi Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 23:12 WIB
People wearing face masks to help curb the spread of the coronavirus walk through commercial office buildings in Beijing, Monday, Jan. 4, 2021. Wary of another wave of infections, China is urging tens of millions of migrant workers to stay put during next months Lunar New Year holiday, usually the worlds largest annual human migration. (AP Photo/Andy Wong)
Foto: AP/Andy Wong
Jakarta -

Beijing dilaporkan menjadi kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Hal itu berdasarkan laporan tahunan Forbes yang baru saja dirilis.

Dilansir dari BBC, Kamis (8/4/2021), miliarder di ibu kota China itu bertambah 33 orang dari tahun lalu. Saat ini membuat totalnya menjadi 100 orang.

Jumlah miliarder di China itu mengalahkan New York yang berjumlah 99 orang dan telah memegang peringkat teratas selama tujuh tahun terakhir.

"Penahanan COVID-19 yang cepat di China, kebangkitan perusahaan teknologi dan pasar saham membantu (Beijing) mendapatkan posisi teratas," bunyi keterangan tersebut.

Meskipun Beijing telah memiliki banyak miliarder, kekayaan bersih dari gabungan miliarder di New York sebanyak US$ 80 miliar atau setara Rp 1.160 triliun (kurs Rp 14.500/US$), lebih besar daripada orang-orang di Beijing.

Penduduk terkaya di Beijing adalah Zhang Yiming, pendiri aplikasi berbagi video TikTok dan kepala eksekutif dari perusahaan induknya ByteDance. Kekayaan bersihnya meningkat dua kali lipat menjadi US$ 35,6 miliar atau setara Rp 516,2 triliun.

(aid/hns)