Selama Pandemi, Putri Tanjung 3 Kali Gonta-ganti Model Bisnis

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 09 Apr 2021 22:17 WIB
Putri Tanjung
Foto: Putri Tanjung / Hanif Hawari
Jakarta -

Pengusaha harus terus beradaptasi dan juga berinovasi agar bisa bertahan di masa pandemi. Begitu juga yang dialami Founder & CEO dari Creativepreneur Putri Tanjung. Putri mengaku sempat tiga kali gonta-ganti model bisnis CXO Media selama pandemi.

"Jadi ini tuh kita mencoba untuk strategi mana nih yang bener. Jadi harus bener-bener kita kemas. Terus abis itu yang kedua cara berbisnisnya sudah beda juga kan, jadi harus cari cara baru bagaimana cara kita berbisnis di era yang baru," jelas Putri dalam acara BNI Creativepreneur Conference 2021, Jumat (9/4/2021).

"Terus yang ketiga adalah strategi unique selling point yang kita tawarkan, apalagi kita ada di industri kreatif, kita ada di media, events gitu," tambahnya.

Putri mengatakan selama pandemi terdapat perbedaan kebutuhan masyarkat dari kondisi biasanya. Hal itu yang memaksa dia untuk berinovasi dan juga beradaptasi dengan situasi yang sedang terjadi saat ini.

"Karena kita tahu demand dan needs dari masyarakat itu udah beda. Jadi kita harus adjust dengan pasar yang ada sekarang. Tapi kerennya para creativepreneur adalah kita punya resilience, di mana saat banyak keterbatasan kita cari caranya untuk bisa bounce back. Lewat kreativitas, inovasi, mindset wirausaha, dan juga kolaborasi," kata Putri Tanjung.

Menurut Putri masa pandemi memberikan tantangan yang besar kepada para pelaku industri kreatif. Salah satunya dengan memiliki CXO Media. Selain itu banyak juga hal-hal baru yang memaksa Putri untuk keluar dari zona nyamannya.

Putri juga menuturkan di masa pandemi ada proses yang harus dilakukan oleh pelaku industri kreatif. Namun menurutnya yang paling penting adalah jangan pernah tertinggal sebuah momen atau peluang.

"Jadi ini yang kita pastikan juga di CXO, yaitu harus selalu agile dan juga konsisten di waktu yang sama. Jadi core kita adalah kita harus selalu beradaptasi dan mencoba untuk sesuatu yang baru dan masyarakat suka di situasi sekarang," tutur Putri.

Sehingga menurut Putri, hal yang paling penting di masa pandemi kali ini adalah pentingnya untuk meracik dan menyeimbangkan antara kecepatan dan juga konsistensi. Sebab, dengan adanya hal ini seluruh pelaku ekonomi kreatif dapat memiliki banyak ide untuk terus beradaptasi.

"Ini juga yang gue terapkan di working environment CXO. Makanya kita bisa cepat untuk menemukan strategi-strategi baru," imbuhnya.

Tak hanya CXO Media milik Putri Tanjung yang mengubah model bisnisnya, salah satu situs web yang menjual akomodasi dan tiket pesawat Tiket.com juga harus beradaptasi di masa pandemi. Co-Founder & CMO Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan di masa pandemig ada perubahan permintaan dari masyarakat.

"Biasanya kalau liburan itu kan keluar negeri. Tapi sekarang malah ada big opportunity untuk merambah ke pasar domestik. Jadi sekarang yang lagi banyak kita push dan actually hot banget staycation. Fun factnya adalah kita adalah record breaking sales untuk di akomodasi selama pandemi," ungkapnya.

Sebagai informasi, acara BNI Creativepreneur Conference bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia akan hadir memberikan prediksi dan gambaran perkembangan industri kreatif ke depannya.

Acara ini akan berlangsung pada 9-11 April 2021 dan dapat disaksikan gratis secara live melalui detikcom. Acara ini disponsori oleh BNI, ASUS Intel, tiketcom, dan OPPO.

(prf/hns)