Bambang Brodjo: BRIN Akan Jadi Badan Sendiri, Seperti BKPM

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 10 Apr 2021 11:35 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno usai berdiskusi dengan Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro di Aula Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (9/2/2021).
Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan BRIN akan menjadi badan yang berdiri sendiri.

Hal itu sejalan dengan peleburan Kementerian Ristek dan Teknologi (Kemenristek) ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setelah mendapat restu dari DPR RI. Sebelum dilebur, Kemenristek merupakan instansi yang tergabung dengan BRIN sejak Oktober 2019.

"Artinya kan Kemenristeknya digabung ke Dikbud, kemudian BRIN menjadi badan tersendiri," kata Bambang kepada awak media setelah meresmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin, Jumat (9/4/2021).

Ia mengatakan, dengan peleburan ini maka BRIN akan berdiri seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kemenristek ya nggak ada, bergabung ke Dikbud. (BRIN) akan menjadi lembaga seperti BKPM, BNPB," ungkap dia.

Namun, ia tak memberitahu lebih lanjut siapa yang akan menjabat sebagai Kepala BRIN. "Kan itu Presiden yang menentukan," tutur Bambang.

Bambang juga menyampaikan salam terakhirnya sebagai Menristek. Seperti apa? klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2