Sebentar Lagi Puasa, Harga Ayam Mulai Naik Nih Bun

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 11 Apr 2021 20:29 WIB
Daging ayam potong.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Jelang memasuki bulan Ramadhan beberapa komoditas bahan pangan mulai merangkak naik. Kenaikan paling tinggi terjadi di ayam.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, beberapa komoditas bahan pangan sudah mulai merangkak naik. Untuk ayam sendiri saat ini harganya naik dari Rp 38 ribu per kg menjadi Rp 45 ribu per kg.

"Jadi stabil si nggak. Ayam per hari ini Rp 45 ribu per kg dari Rp 38 ribu per kg. Kemarin masih Rp 40 ribu per kg. Itu kenaikan komoditas paling tinggi, ini secara nasional," tuturnya kepada detikcom, Minggu (11/4/2021).

Komoditas lainnya yang memiliki kecenderungan naik adalah bawang merah. Harganya hari ini Rp 36.300 per kg, naik dari harga Rp 35.500 per kg.

Untuk pasokan sendiri Abdullah melihat saat ini masih aman di tingkat pasar. Hal itu karena kenaikan permintaan jauh lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya.

"Ini kan lonjakan fase pertama, fase dimana permintaan cukup tinggi yang tidak dibarengi dengan suplai yang memadai, biasanya begitu, 10 tahun terakhir begitu. Tapi tahun ini sepertinya daya beli masyarakat belum pulih. Kalau tahun sebelumnya permintan naik 50%, kalau sekarang hanya 10-15%," terangnya.

Meski begitu harga-harga bahan pokok diakuinya sudah mulai naik. Selain ayam dan bawang merah, komoditas lainnya yang mulai naik di antaranya telur, minyak goreng, daging dan beberapa jenis cabai.



Simak Video "Harga Daging Ayam di Parepare Melejit, Pembeli Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)

Tag Terpopuler