Kamu Mau Mulai Investasi Emas? Baca Dulu 3 Tips Ini Biar Aman

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 11 Apr 2021 23:00 WIB
Woman holding gold bullion ,business and trading concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/kittiyaporn1027
Jakarta -

Emas menjadi komoditas yang populer untuk investasi. Instrumen investasi yang satu ini punya sederet keuntungan yang sangat cocok bagi para investor pemula.

Emas bisa dijadikan sebagai alat lindung nilai terhadap inflasi dan bersifat likuid alias mudah dicairkan. Di sisi lain, harganya cenderung meningkat dalam jangka yang panjang.

Investasi emas juga mudah ditemui, bahkan sudah merambah online dan terjangkau karena dapat dimulai dengan modal yang minim.

Co-Founder & CMO IndoGold Indra Sjuriah memberikan sederet tips bagi investor pemula yang mau melakukan investasi emas.

"Bagi setiap orang yang ingin menggunakan produk investasi, termasuk investasi emas, harus mengetahui dengan baik perusahaan dan produk yang ditawarkan sehingga tidak mengalami kerugian," kata Indra dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Berikut ini 3 tips yang dibagikan Indra agar tetap aman dalam melakukan investasi emas:

1. Memperhatikan aspek legalitas serta memahami regulator yang menaungi

Berinvestasi emas haruslah di lembaga keuangan yang telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Meskipun menawarkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan lainnya, apabila tidak ada izin dari OJK maka berpotensi penipuan.

"Anda dapat mengecek nama lembaga tersebut di situs web resmi OJK. Apabila tidak ada dalam daftar investasi yang legal, janganlah berinvestasi di lembaga tersebut," kata Indra.

2. Tidak tergiur dengan imbal hasil yang tidak wajar

Saat ini, terdapat berbagai skema penipuan berkedok investasi emas yang membingungkan dan menawarkan imbal hasil yang tinggi, misalnya dengan menggunakan skema piramida untuk memperdaya calon investor.

Oleh karena itu, sebelum berinvestasi emas, haruslah mengumpulkan informasi mengenai jenis emas dan harga emas, sehingga dapat menghitung keuntungan yang wajar pada investasi emas.

3. Mempelajari dengan seksama syarat dan ketentuan investasi emas

Membaca dengan seksama syarat dan ketentuan investasi emas sangatlah penting. Hal itu diperlukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai hak, kewajiban, manfaat serta risiko yang terkandung dalam investasi emas yang ditawarkan.



Simak Video "Update Harga Emas Antam: Naik Rp 1.000 ke Rp 1.028.000 /Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/dna)