Rencana-rencana RI Bikin 'Silicon Valley', Sudah Ada yang Terealisasi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 12 Apr 2021 12:18 WIB
San Francisco Skyline at Dusk, California, USA
Foto: Getty Images/iStockphoto/heyengel
Jakarta -

Indonesia ingin menjadi salah satu pemain di bidang teknologi dunia. Sejumlah upaya pun dilakukan untuk meraih hal tersebut, salah satunya ialah mengembangkan 'Silicon Valley'.

Silicon Valley mengacu pada salah satu pusat teknologi di Amerika Serikat (AS). Silicon Valley merupakan tempat lahir hingga menjadi markas perusahaan rintisan global seperti Apple, Google, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Belakangan, proyek Bukit Algoritma di Sukabumi, Jawa Barat disorot karena digadang-gadang sebagai Silicon Valley Indonesia. Nantinya, tempat itu akan menjadi salah satu satu pusat riset dan pengembangan teknologi di Indonesia.

Proyek Bukit Algoritma sendiri bukanlah proyek satu-satunya yang digadang menjadi Silicon Valley-nya Indonesia. Dalam catatan yang dirangkum detikcom, Senin (12/4/2021), beberapa proyek atau lokasi disebut-sebut sebagai Silicon Valley Indonesia.

Pada awal tahun ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur tengah membangun kawasan yang mirip Sandbox. Sandbox merupakan sebuah kawasan dalam drama Korea Startup yang disebut-sebut sebagai Silicon Valley Korea Selatan.

Sandbox digambarkan sebagai wadah untuk para calon pengusaha mendapat bimbingan dari senior, investor, dan kantor untuk mengembangkan usaha rintisan.

"Saat ini ada private sector di Jatim yang tengah membangun KEK Singhasari di Kabupaten Malang. Saya berharap besar bahwa nantinya KEK Singhasari mampu menjadi katalis pertumbuhan perekonomian digital di Indonesia melalui pendekatan integrated digital ecosystem (ekosistem digital yang terintegrasi)," paparnya.

Lanjut halaman berikutnya soal rencana Indonesia bikin Silicon Valley.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3