Kembangkan Apple Siri, Microsoft Gelontorkan Rp 287 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 13 Apr 2021 12:13 WIB
Microsoft akan Lengkapi Tentara AS dengan Headset Augmented Reality
Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Microsoft Corp berencana membeli perusahaan pelopor pengenal suara, Nuance Communications US$ 19,7 miliar setara Rp 287 triliun (kurs Rp 14.600). Kesepakatan itu dilakukan Microsoft untuk membantu mengembangkan perangkat lunak pengenal suara milik Apple yang bernama Siri.

Pembelian Nuance Communications yang terbesar kedua dalam sejarah Microsoft, setelah akuisisi situs jaringan LinkedIn pada 2016. Kesepakatan itu juga diperkirakan akan meningkatkan sistem perangkat lunak dan keahlian kecerdasan buatan milik Microsoft khususnya yang berfokus pada bidang kesehatan.

Dikutip dari BBC, Selasa (13/4/2021), Nuance sendiri berbasis di Massachusetts, didirikan pada 1992. Perusahaan mempekerjakan lebih dari 1.600 orang di seluruh dunia dan aktif di 28 negara.

Dikenal sebagai pelopor pengenalan suara, baru-baru ini mereka berfokus pada penyediaan perangkat lunak untuk industri perawatan kesehatan, seperti perangkat lunak yang membantu mengotomatiskan laporan radiologi dan memudahkan dokter membuat catatan pasien dengan dikte.

Hampir 80% rumah sakit AS sudah menjadi pelanggan Nuance. Membeli perusahaan tersebut akan secara dramatis memperluas pasar potensial Microsoft dalam industri perawatan kesehatan.

Eksekutif Nuance menyatakan bergabung dengan Microsoft akan membantu memperdalam penawaran berbasis cloud dan memungkinkan perusahaannya bisa memanfaatkan basis pelanggan global Microsoft yang ada.

Analis Wedbush Securities Dan Ives mengatakan kesepakatan itu sangat strategis untuk Microsoft saat banyak bidang keperawatan tengah memerlukan teknologi AI untuk meningkatkan kinerjanya.

Dalam kesepakatan itu, Microsoft harus membayar US$ 56 per saham untuk membawa perusahaan di bawah atapnya sendiri. Harga itu sekitar 23% lebih tinggi dari harga di mana saham Nuance diperdagangkan pada hari Jumat.

Saham di Microsoft datar setelah pengumuman tersebut, sementara Nuance naik lebih dari 16%. Dewan dari kedua perusahaan telah menyetujui transaksi tersebut.

Simak juga 'Microsoft Berniat Caplok Aplikasi Discord':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)