Penumpang Bisa Sahur-Buka Puasa di dalam Kereta

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 13 Apr 2021 17:47 WIB
Petugas memeriksa kelengkapan dokumen calon penumpang Kereta Api (KA) di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Rabu (8/7/2020). Pemkot Madiun bersama Polres Madiun Kota dan PT KAI Daerah Operasi 7 Madiun meluncurkan Stasiun Tangguh Semeru Covid-19 Stasiun Tangguh Semeru yang beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.
Foto: ANTARA FOTO/SISWOWIDODO
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengizinkan penumpang kereta untuk sahur atau berbuka puasa di dalam kereta selama Ramadhan.

Penumpang perjalanan kereta jarak jauh dipersilakan untuk sahur dan berbuka di dalam kereta. Sedangkan penumpang kereta jarak dekat yang perjalanannya kurang dari 2 jam diperbolehkan makan dan minum khusus pada waktu berbuka puasa hingga satu jam setelahnya.

Memasuki bulan Ramadhan, KAI tetap mengoperasikan kereta dengan normal sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

"Sejauh ini, tidak ada pembatasan jam operasional Kereta Api seluruh perjalanan masih sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Penumpang yang ingin makan di dalam kereta dengan membeli makanan dan minuman di atas kereta jarak jauh, layanan tersebut bisa didapatkan di kereta makan maupun melalui pramugari yang bertugas.

Penumpang kereta jarak jauh juga dapat memesan lebih awal makanan dan minumannya melalui aplikasi KAI Access pada menu Lokomart. Pemesanan pun dapat dilakukan melalui WhatsApp di nomor 081110612121.

Sebelumnya, penumpang kereta jarak dekat yang perjalanannya kurang dari 2 jam tidak diperkenankan makan dan minum, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

(toy/fdl)