Yuk Dicoba, Ini Tips Biar Bisnis Laris Manis Selama Ramadhan 2021

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 13 Apr 2021 18:50 WIB
Tips Bisnis
Foto: Tips Bisnis (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Berbisnis saat bulan puasa jadi tantangan tersendiri terutama di tengah masa pandemi COVID-19 seperti ini. Namun, bukan berarti tak ada peluang untuk membuat bisnis Anda laris manis selama masa-masa tersebut.

Menurut Pakar Marketing Hermawan Kartajaya ada beberapa strategi yang bisa dilakukan biar bisnis laris manis selama ramadhan 2021 ini.

Pertama, berani perang harga dengan pesaing. Apalagi bila produk atau jasa yang Anda jual ditawarkan melalui media sosial atau e-commerce.

"Di platform ini bisa kalah sama predatory pricing, jadi harus siap lebih murah dari orang lain, kecuali brand kita terkenal," ujar Hermawan kepada detikcom, Selasa (13/4/2021).

Kedua, bangun kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Cara membangun kepercayaan tadi, katanya bisa dari lingkup paling dekat dulu, saudara, kerabat, tetangga, teman kantor dan lain sebagainya. Lalu, sasar target pelanggan yang lebih luas lagi dengan mempertahankan mutu, kualitas dan service yang terbaik. Hal ini bisa membuat pelanggan betah dan akhirnya tanpa disadari mempromosikan produk Anda ke orang lain.

"Kembali lagi ya masalah kepercayaan ya, kalau sudah dipercaya, mau pasang harga yang tidak terlalu murah dari saingan ya nggak apa-apa," katanya.

Ketiga, fikirkan unsur pembeda produk atau jasa yang akan Anda tawarkan ke masyarakat.

"Bagaimana men-different-kan kamu dengan orang lain, lalu pilih dan masuk ke market yang kamu tuju," katanya.

Pemerhati Marketing Yuswohady menambahkan strategi lainnya yang bisa diterapkan selama ramadhan 2021 ini.

Keempat, pasarkan di media sosial. Namun, pelajari dulu target pasar masing-masing media sosial yang ada. Bukan berarti hanya memilih salah satu media sosial saja, lebih baik pasarkan ke semua media sosial, namun harus tau cara menarik pelanggan di masing-masing platform tadi seperti apa.

"Facebook lebih umum, IG dan TikTok lebih ke kalangan milineal, kalangan gen Z, kalangan muda lebih banyak di sini. Secara umum memang TikTok lagi booming ya, gambar atau video itu sekarang lebih gampang meyakinkan orang untuk membeli. Jadi tergantung target pasarnya, jadi tidak bisa hanya TikTok saja mesti multiplatform sesuai dengan target yang mau kita sasar," katanya.

Kelima, pasarkan produk atau jasa dengan cara yang kreatif.

"Kalau via social media kalau bisa punya konten yang bagus, jadi bukan sekedar selling tapi content marketing, mesti ada story-nya, harus ada sesuatu yang kreatif, yang menarik," tambahnya.

Keenam, dibuat serelevan mungkin dengan tema ramadhan 2021 atau lebaran 2021.

"Tak hanya menarik tapi dikaitkan dengan suasana religiusitas di masa ramadhan, kuncinya relevan lah," imbuhnya.



Simak Video "Tips Bersaing Dengan Kompetitor Saat Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)