Tolak Miskin

Podcast: Antiklimaks Larangan Mudik Jokowi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 09:15 WIB
Podcast: Antiklimaks Larangan Mudik Jokowi
Foto: Tim Infografis/Denny Putra
Jakarta -

Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021. Larangan mudik ini berlaku mulai tanggal 6-17 Mei 2021, meski tetap ada pengecualian bagi yang punya kepentingan yang mendesak.

Di lain hal, pemerintah malah memperbolehkan tempat wisata dibuka saat Lebaran. Tujuan larangan mudik demi menekan penyebaran COVID-19 menjadi pertanyaan.

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menyoroti langkah pemerintah yang tidak jelas dalam menghadapi penanganan pandemi COVID-19. Menurutnya, sampai saat ini pemerintah belum berhasil menangani penyebaran COVID-19, termasuk kebijakan larangan mudik.

Menurutnya, imbauan larangan mudik tak memiliki instrumen yang jelas dalam pelaksanaannya di lapangan. Berkaca dari pengalaman tahun lalu, penindakan larangan mudik tak cukup ampuh dalam menekan penyebaran COVID-19. Hal ini terbukti dari jumlah kasus COVID-19 yang melonjak usai libur Lebaran 2020.

Simak obrolan lengkapnya di podcast Tolak Miskin minggu ini 'Antiklimaks Larangan Mudik Jokowi'. Dengarkan lewat widget di bawah ini atau temukan Tolak Miskin di Spotify.

Lihat juga Video: Lebaran Dilarang Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)