Pesan Jokowi, Dana Zakat untuk Bantu yang Terdampak Corona

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 14:42 WIB
Presiden Jokowi hingga para menteri menyerahkan zakat di Istana Negara, Kamis (15/4/2021), usai peluncuran Gerakan Cinta Zakat.
Foto: Andhika Prasetia-detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta para Menteri Kabinet Indonesia Maju siang ini melakukan penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal itu dilakukan bersamaan dengan peluncuran Gerakan Cinta Zakat.

Melansir akun Youtube Sekretariat Presiden, terlihat hadir dalam acara itu para menteri dan kepala lembaga pemerintahaan. Terlihat juga hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Jokowi, Ma'ruf dan para menterinya terlihat melakukan penyerahan zakat secara langsung melalui petugas penerima zakat yang disediakan Baznas di Istana.

"Pada hari ini saya bersama dengan bapak Wakil Presiden dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju bisa tetap berzakat di tengah pandemi dan untuk tetap juga mematuhi dan menjaga protokol kesehatan. Saat ini zakat bisa dilakukan secara online," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, berzakat merupakan kewajiban umat Islam yang memiliki rezeki yang berlebih. Tujuannya saling berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan saudara-saudara yang membutuhkan.

"Utamanya para mustahiq dan saya harapkan dana zakat yang dihimpun oleh Baznas ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan-kesulitan akibat pada pandemi COVID dan juga untuk membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh di negara kita," tambahnya.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga meluncurkan secara resmi Gerakan Cinta Zakat. Gerakan ini tujuannya untuk mendorong partisipasi masyarakat agar meningkatkan zakat infaq dan sedekah, serta memastikan penyalurannya tepat sasaran.

"Betul-betul sampai pada saudara saudara kita yang membutuhkan. Gerakan cinta zakat ini sejalan dengan program pemerintah yang memiliki kerja sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan. Menangani musibah dan bencana. Serta menuntaskan program-program SDG's," tutupnya.

Tonton juga Video: Baznas DKI Salurkan Sembako-BLT untuk Dhuafa dan Penggerak Dakwah

[Gambas:Video 20detik]



(das/hns)