Perjalanan Bisnis Mendiang Adiguna Sutowo

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 18 Apr 2021 15:45 WIB
Adiguna Sutowo/Dok Detikcom
Foto: Adiguna Sutowo/Dok Detikcom
Jakarta -

Adiguna Sutowo dikabarkan meninggal dunia pada pukul 4 WIB pagi tadi di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Semasa hidupnya, dia juga dikenal sebagai seorang pebisnis.

Berdasarkan catatan detikcom, Adiguna mendirikan Hard Rock Cafe pada 1992 bersama Soetikno Soedardjo dan Onky Soemarno. Usaha patungan itu membuahkan grup usaha yang dikenal sebagai MRA Group atau PT Mugi Rekso Abadi (MRA).

MRA kemudian berkembang pesat dan memiliki beberapa divisi yang menaungi beberapa unit usaha seperti Zoom Bar & Lounge, BC Bar, Cafe 21,Radio Hard Rock FM (Jakarta, Bandung, Bali), i-Radio, radio MTV, Majalah Kosmo, Majalah FHM, Omni Chanel (TV), IP Entertaiment.

Pria lulusan universitas di Los Angeles pada tahun 1981 itu pernah menjadi direktur utama PT Adiguna Mesintani. Perusahaan itu bergerak dalam bidang distributor generator mesin diesel untuk hotel, pabrik, dan perusahaan lainnya.

Adiguna Sutowo juga memimpin perusahaan PT Santana Petroleum Equipment dan perusahaan pelayaran PT Pelayaran Umum Indonesia (Pelumin).

Pria itu juga disebut-sebut sempat memiliki hubungan bisnis dengan Tommy Soeharto di masa jayanya. Keduanya mendirikan PT Mahasarana Buana (Mabua) pada 5 September 1985. Perusahaan yang beroperasi di Batam ini berdagang dinamit untuk keperluan industri.

Adiguna juga tercatat sebagai bos perusahaan farmasi PT Suntri Sepuri. Perusahaan yang didirikan pada 1998 ini memproduksi tablet, kapsul, sirup dan suspensi, sirup kering/serbuk injeksi beta laktam.

Di samping itu Adiguna juga merupakan pemilik Four Seasons Hotel dan Four Seasons Apartement di Bali. Namun, detikcom tidak memiliki informasi terkini apakah dirinya masih menjadi pemilik hotel tersebut. Adiguna juga tercatat pernah membeli Reagen Hotel di Jakarta (yang sekarang berganti nama Four Seasons Hotel).



Simak Video "Ketegaran Dian Sastro-Suami Antar Adiguna Sutowo ke Rumah Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)