Intip Teknologi Pengolahan Air Bersih yang Bakal Dipakai di Bekasi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 18 Apr 2021 16:14 WIB
IPAL Bekasi
Foto: IPAL Bekasi (Istimewa)
Jakarta -

Kebutuhan terhadap air bersih semakin dibutuhkan seiring dengan bertambahnya populasi perkotaan, tak terkecuali bagi Kota Bekasi. Kemarau panjang yang terjadi menyebabkan turunnya produksi air bersih di kota Bekasi. Tak bisa dihidari beberapa desa mengalami kekeringan.

Merespon kondisi tersebut Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto bersama jajarannya melakukan kunjungan secara langsung untuk melihat teknologi canggih pengelola limbah Andrich Tech System yang telah dipasang di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kali Item yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Air bersih adalah kebutuhan pokok warga, dan Kota Bekasi membutuhkan terobosan teknologi untuk membantu warganya memenuhi kebutuhan air bersih seperti Teknologi Andrich Tech System. Semoga dengan kunjungan ini kita bisa hadirkan hal yang sama untuk warga Bekasi," kata Tri saat kunjungan ke Kali Item Kemayoran, Jakarta Pusat (16/4/2021).

Teknologi Andrich Tech System memanfaatkan metodologi gelombang yang dihasilkan arus listrik. Dengan cara ini air limbah yang semula bercampur lumpur berwarna hitam pekat dan berbau kemudian diubah menjadi air bersih dan air bahan baku yang dihasilkan dapat digunakan sebagai utilitas sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Penampilan alatnya pun sederhana hanya seperti kotak besar layaknya kontainer.

"InsyaAllah akan kita terapkan di beberapa titik di Kota Bekasi agar warga Kota Bekasi tidak kesulitan air bersih dan kebutuhan air bersih warga Kota Bekasi harus bisa kita sediakan," ujar Tri.

Tri juga mengungkapkan teknologi ini akan digunakan bukan hanya sebagai langkah menyediakan air bersih untuk warga Kota Bekasi tetapi juga sebagai upaya untuk mengurangi pencemaran, pengendalian banjir, dan menjawab persoalan air PDAM yang belakangan ini dikeluhkan warga.

"Satu lagi, dengan menggunakan Teknologi Andrich Tech System ini kita bisa mendukung teknologi karya anak bangsa yang hebat ini. Dan sudah saya buktikan hasil dari pengelolaan Teknologi Andrich Tech System menghasilkan air bersih," ungkap Tri.

Founder teknologi Andrich Tech System, Andri mengatakan Andrich Tech System dapat digunakan untuk mengolah limbah, atau air tidak layak minum hingga menjadi air bersih dan layak minum ini cocok sekali digunakan untuk daerah yang kesulitan air bersih.

"Kita siap membantu Kota Bekasi untuk bisa menyediakan air bersih untuk seluruh warga Bekasi. Karena kebutuhan air bersih saat ini mengalami pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan kemampuan memasok air bersih. Andrich Tech System juga siap untuk membantu daerah-daerah lain untuk bisa menghadirkan dan mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat," kata Andri.

(acd/dna)