Parah! Jack Ma Dipaksa Lepas Saham Ant Group

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 19 Apr 2021 10:43 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Jack Ma/Foto: AP Photo
Jakarta -

Ant Group saat ini dikabarkan sedang melakukan pembahasan agar Jack Ma segera melepaskan saham di perusahaan tersebut. Hal ini sesuai dengan hasil pertemuan dengan regulator China yang mendesak Ant Group untuk melakukan langkah divestasi itu.

Pejabat People's Bank of China (PBOC) dan regulator keuangan China Banking and Insurance Regulatory Commission (CBIRC) menyebut telah membicarakan hal ini dengan Ma dan Ant secara terpisah. Ada juga pembahasan jika Ma harus keluar dari perusahaan.

Namun juru bicara Ant Group menyebut jika divestasi saham tersebut tak pernah ada dalam rapat internal perusahaan.

"Divestasi saham Ma di Ant Group tak pernah menjadi bahan diskusi kepada siapapun," kata dia dikutip dari Reuters, Senin (19/4/2021).

Hingga saat ini belum ada kelanjutan pembahasan opsi divestasi ini. Namun Ant tetap mengharapkan miliaran dolar saham Jack Ma bisa dijual ke investor yang ada di Ant atau afiliasi Alibaba Group Holding, sehingga saham tak ke pihak luar.

Seorang sumber menyebut jika Jack Ma dilarang menjual saham ke orang terdekatnya. Ini artinya, dia harus benar-benar keluar dari perusahaan.

Ada juga opsi saham Jack Ma harus dijual ke investor China yang berafiliasi dengan negara. Jika Jack Ma keluar maka Ant bisa kembali menjalankan rencana go public yang sempat terhenti.

(kil/ara)