Festival Ide Bisnis

Nggak Punya Modal Buat Jualan Barang, Jual Skill Aja!

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 24 Apr 2021 07:00 WIB
Memperbaiki jam sudah lama digeluti oleh Koh Hendra Aseng di kawasan Pasar Lama Jatinegara. Dalam sehari Koh Hendra bisa memperbaiki hingga 20 jam tangan.
Ilustrasi Bisnis Jasa Reparasi (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Sejak berhadapan dengan pandemi, kita jadi makin terlatih untuk bisa beradaptasi dalam berbagai hal. Mulai dari bekerja dari rumah dengan mengandalkan gadget dan kuota, hingga membiasakan diri memakai masker ketika berada di luar rumah.

Tak hanya kemampuan adaptasi diri, dunia bisnis pun ikut menyesuaikan keadaan agar dapat bertahan, khususnya bisnis jasa. Biasanya kita yang memerlukan jasa akan menghampiri penyedia jasa.

Namun di era kebiasaan baru, semuanya berbeda. Banyak orang yang berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dari rumah. Alhasil bisnis jasa pun bisa berinovasi menyesuaikan keadaan para pencari jasa.

Penasaran bisnis apa saja yang bisa detikers coba? Simak ulasannya berikut ini.

Reparasi

Buat detikers yang hobi bergelut dengan kendaraan atau paham utak-atik handphone atau laptop, bisnis reparasi patut untuk dicoba.

Dengan strategi inovatif di era kebiasaan baru, kamu bisa menawarkan jasa reparasi dengan langsung datang ke rumah pelanggan atau menjemput langsung barang yang mau diperbaiki dari lokasi klien kamu.

Demi menciptakan kenyamanan konsumen, tak lupa kamu harus menerapkan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, standar pembersihan barang secara rutin, dan menjaga kontak langsung. Dengan begitu, konsumen akan lebih percaya untuk memakai jasa kamu.

Pengajar Privat

Di tengah situasi sekolah online, banyak orang tua yang membutuhkan bantuan pendampingan belajar untuk anak selama sekolah berlangsung.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi pengajar privat ataupun pendampingan mengerjakan tugas-tugas sekolah anak yang menumpuk. Selain bisa membantu banyak orang tua, kamu juga bisa menambah penghasilan, lho.

Pastikan juga menjalankan protokol kesehatan yang lengkap supaya orang tua merasa aman dan mau memakai jasamu lagi di lain waktu.

Jasa Titip

Di saat banyak yang khawatir bepergian ke luar rumah, namun masih banyak orang-orang butuh untuk membeli keperluan, di situlah jasa titip diperlukan.

Kamu bisa membuka penawaran untuk menjadi pembelanja kebutuhan mereka. Selain menambah pemasukan, jasa ini juga bisa mendukung protokol kesehatan untuk mengurangi kerumunan di pasar atau toko.

Salon di rumah

Buat kamu yang memiliki sertifikasi sebagai penata rambut atau punya keahlian memijat, di masa pandemi ini kamu bisa 'membawa' salon ke rumah pelanggan, lho!

Dengan datang langsung ke rumah pelanggan dan menerapkan protokol kesehatan, kamu bisa menjalankan bisnis jasa satu ini. Mereka yang menghindari keramaian akan merasa aman, kamu pun merasa aman karena pemasukandatang.

Nah, buat detikers yang masih penasaran dengan ide bisnis jasa lainnya, bisa kamu temukan di acara Festival Ide Bisnis pada sesi Inspiring Talks yang berlangsung pada Kamis, 29 April 2021 mulai pukul 13.00 WIB.

Nantinya kamu bisa mendapatkan wawasan baru seputar bisnis jasa dari Iman Djayadiningrat (Founder Hairnerds Studio), Coach Hendra Hilman (Certified Business Coach, Head Coach & Co-Owner of GRATYO Bandung), dan Sunil Tolani (Mindset Hacker www.SunilTolani.com).

Tunggu apalagi? Yuk daftarkan dirimu sekarang dengan klik di sini.

(dna/dna)