PM Singapura Tunjuk Lawrence Wong Jadi Menteri Keuangan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 22:01 WIB
PM Singapura sebut ada kegelisahan cukup besar tentang ketegangan AS-China
Foto: BBC World: PM Singapura Lee Hsien Loong
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong baru saja mengumumkan hasil reshuffle kabinet. Dalam perombakan ini, Lee menunjuk Lawrence Wong menjadi Menteri Keuangan.

Dikutip dari Staitstimes, Jumat (23/4/2021), Lawrence Wong saat ini menjabat sebagai menteri pendidikan. Perubahan tersebut akan berlaku efektif pada 15 Mei.

Penggantinya di Kementerian Pendidikan adalah Menteri Perdagangan dan Perindustrian Chan Chun Sing. Kemudian, Chan Chung Sing akan menyerahkan posisi kepada Menteri Kesehatan Gan Kim Yong.

Menteri Transportasi Ong Ye Kung akan mengambil posisi Gan sebagai menteri kesehatan dan bersama memimpin satuan tugas multi kementerian menangani COVID-19 bersama Lawrence Wong.

Perombakan di jajaran pemerintahan Singapura tersebut akan terlihat di 7 kementerian dari 15 kementerian. Menteri Komunikasi dan Informasi S Iswaran akan menjadi Menteri Perhubungan, kemudian Menteri Tenaga Kerja Josephine Teo menggantikannya di kementerian.

Menteri Ketenagakerjaan Kedua Tan See Leng akan naik jabatan untuk memimpin Kementerian Tenaga Kerja menggantikannya. Dia akan melanjutkan sebagai Menteri Kedua untuk Perdagangan dan Industri.

PM Lee mengungkapkan, dirinya melakukan perombakan yang lebih luas dari biasanya pada awal pemerintahan yang dimulai dari Juli lalu setelah pemilihan umum. Dia mengungkap, ada dua alasan.

Pertama, karena banyak dampak dari Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat yang melepas portofolio keuangan. Kedua, dia memindah menteri yang mengepalai garis depan yang menangani pandemi COVID-19, kesehatan, ketenagakerjaan dan perdagangan, dan industri.

PM Lee mengatakan dia telah mempertimbangkan untuk membuat perubahan ini setelah pemilihan umum, tetapi Singapura masih berjuang melawan COVID-19. Dia menambahkan bahwa dia sekarang dapat melakukannya karena situasi Covid-19 lebih stabil.

"Penunjukan yang saya buat segera setelah pemilu, dalam arti tertentu, adalah serangkaian perubahan sementara, dan sekarang saya membuat serangkaian perubahan penuh," katanya.

"Dan oleh karena itu saya harus memindahkan dua menteri yang baru diangkat dalam waktu yang cukup singkat, yaitu Lawrence di MOE dan Ong Ye Kung di MOT, tapi sayangnya mau bagaimana lagi," tambahnya.

(acd/hns)