Ada Bansos yang Cair Bareng THR, Ini Rinciannya!

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 24 Apr 2021 03:00 WIB
Penyaluran Bansos
Foto: Penyaluran Bansos (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Penyaluran beberapa bantuan sosial (bansos) akan dipercepat sebelum Lebaran. Hal itu akan bersamaan dengan pencairan tunjangan hari raya (THR) untuk mendorong konsumsi.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan bansos yang akan dipercepat penyalurannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH). Besaran nilainya untuk ibu hamil senilai Rp 3 juta, anak usia dini senilai Rp 3 juta, penyandang disabilitas berat senilai Rp 2,4 juta, dan lansia 70 tahun ke atas senilai Rp 2,4 juta.

Bansos PKH juga diberikan kepada anak sekolah. Bagi duduk di bangku SD/MI/sederajat akan mendapatkan Rp 900 ribu. Kemudian SMP/MTs/sederajat akan mendapatkan Rp 1,5 juta. Bagi pelajar SMA/MA/ sederajat akan mendapatkan Rp 2 juta yang bisa di cek didtks.kemensos.go.id.

Bantuan selanjutnya yang cair bareng THR adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Besaran bantuan ini adalah Rp 200.000/bulan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah masuk dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (DT-PFM) Kemensos.

Terakhir, kata Suahasil bantuan yang cair bareng THR adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Besaran bantuan ini adalah Rp 300.000/bulan.

"Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini dan bulan depan agar segera diterima oleh masyarakat," katanya dalam konferensi pers APBN KiTa edisi April 2021, Kamis (22/4/2021) kemarin.

Pemerintah juga akan mengkampanyekan saling mengirim bingkisan pada saat hari belanja online nasional (Harbolnas) menjelang Lebaran. Dengan begitu, meski ada larangan mudik, masyarakat tetap bisa berbagi satu sama lain.

"Juga yang tadi yang semacam Harbolnas jadi kita ingin mengkampanyekan supaya meskipun tidak mudik tapi bisa mengirimkan bingkisan," ujarnya.

Simak Video: Airlangga Pastikan Pekerja Dapat THR Dibayar Penuh Minimal H-7

[Gambas:Video 20detik]



(aid/fdl)