Profil Kuntjoro Pinardi, Direktur PT PAL yang Mundur Karena Dituding HTI-ISIS

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 14:13 WIB
Kuntjoro Pinardi
Foto: Dok. PT PAL Indonesia
Jakarta -

Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL Indonesia (Persero) Kuntjoro Pinardi mengundurkan diri dari jabatannya yang baru diemban lima hari.

Ia mundur karena ada tudingan pendukung ISIS dan HTI yang tak bisa ia terima. Ia menjelaskan bahwa pernah menjadi caleg PKS pada 2014 namun gagal.

"Bagi saya pribadi, tudingan bahwa saya pendukung ISIS dan HTI sama sekali tidak bisa saya terima. Saya memang pernah menjadi calon legislatif PKS dalam Pemilu 2014 di daerah pemilihan Jawa Tengah. Setelah gagal terpilih, saya mundur dari partai tersebut dan kembali ke dunia akademis dan bisnis sesuai bidang keahlian saya," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Mengutip laman resmi PT PAL, Kuntjoro lahir di Bogor, 30 Maret 1968. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister Teknik Elektro di Delft University of Technology.

Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Chalmers University of Technology, Swedia. Ia menjabat sebagai Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL Indonesia (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021 tanggal 21 April 2021.

Mengutip akun LinkedIn, Kuntjoro tercatat pernah menduduki sejumlah posisi, di antaranya Analogue Designer di Ericsson, Senior Keu Account Manager Alcatel-Lucent Indonesia, Founder PT Jaringan Komunikasi Indonesia, hingga Senior Lecturer di International University Liaison Indonesia.

International University Liaison Indonesia merupakan kampus yang didirikan oleh Ilham Habibie, putra dari almarhum BJ Habibie.

Simak juga Video: Pakar Terorisme dan Deputi VII BIN Bicara Soal Pembaiatan Massal ke ISIS

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ang)

Tag Terpopuler