Ada Subsidi Ongkir Harbolnas, Sandiaga Ajak Masyarakat Beli Produk RI

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 15:00 WIB
Sandiaga Uno mendorong agar desa-desa wisata yang ada di Indonesia dapat menghadirkan produk unggulan yang otentik sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing.
Menparekraf Sandiaga Uno/Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Pemerintah sedang menyiapkan hari belanja online nasional (harbolnas) untuk jelang Lebaran. Nantinya ada subsidi ongkos kirim (ongkir).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengajak masyarakat memanfaatkan kesempatan itu untuk membeli produk-produk Indonesia. Hal itu untuk memulihkan perekonomian dalam negeri yang terdampak pandemi COVID-19.

"Sekarang sudah ada gerakan nasional BBI (Bangga Buatan Indonesia) dan ada dorongan untuk beli kreatif lokal dengan mensubsidi ongkos kirim. Mari kita konsumsi produk-produk kreatif Indonesia," kata Sandi dalam Festival Ide Bisnis Day 1 yang diselenggarakan detikcom, Senin (26/4/2021).

Dia pun mengaku telah memiliki berbagai program untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya ada program bangga berwisata di Indonesia atau hashtag di Indonesia aja. Misalnya di subsektor kuliner kita ada program yang mengangkat program kuliner lokal. Kita juga di ekonomi kreatif mengangkat program akselerasi yang merupakan inkubasi produk-produk unggulan kita. Kita juga lagi mengedepankan konsep yang disebut BUKKA (belajar usaha kreatif kuliner nusantara) ini yang kita harapkan bisa jadi suatu semangat bagi kita," tuturnya.

Sandiaga menyebut sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus segera pulih dari pandemi COVID-19 karena sangat berperan bagi perekonomian nasional. Ditambah banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor ini.

"BPS menyatakan sumbangsih ekonomi kreatif terhadap perekonomian nasional sudah mencapai 7,24% di 2017. Nah ini harus terus kita kembangkan karena sekitar 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan kehidupannya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tandasnya.

Lihat juga video 'Mudik Dilarang, Menparekraf Siapkan 3 Strategi untuk Pelaku Usaha':

[Gambas:Video 20detik]



Anda yang ingin menggali ide bisnis dan belajar langsung dari para praktisi masih bisa mendaftar Festival Ide Bisnis yang berlangsung sampai Jumat, 30 April 2021 di event.detik.com.

(aid/ara)