Dicari! Sultan buat Beli Manchester United Rp 78 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 15:01 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - JANUARY 11: A detailed view of the corner flag inside the stadium prior to the Premier League match between Manchester United and Norwich City at Old Trafford on January 11, 2020 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Catherine Ivill)
Jakarta -

Manchester United (MU), salah satu raksasa sepak bola Inggris akan dijual oleh pemiliknya di Amerika Serikat. Keluarga Glazer dikabarkan telah menetapkan harga jual klub sepak bola tersebut seharga US$ 5,6 miliar atau sekitar Rp 78,4 triliun (kurs Rp 14.000).

Hal itu berdasarkan laporan surat Irish Mirror yang dikutip dari Bloomberg, Senin (26/4/2021). Harga tersebut dinilai layak untuk klub sebesar Manchester United, mengingat kesempatan kesepakatan mendapatkan sponsor yang besar.

Namun, laporan tersebut tidak merinci apakah harga tersebut mengacu pada kepemilikan mayoritas Glazers atau nilai seluruh klub asal kota Manchester itu.

Kegagalan Manchester United berlaga di Liga Super Eropa disinyalir jadi alasan keluarga Glazer ingin menjual Manchester United. Hal ini dinilai mengekang keuntungan finansial apabila Keluarga Glazer masih memiliki tim di Liga Premier Inggris.

Memang Liga Super Eropa sendiri awalnya menjanjikan sederet keuntungan finansial bagi klub apabila mau ikut serta. Namun, kompetisi itu banyak ditentang kelompok suporter, pemain, bahkan politisi, hingga akhirnya Manchester United memutuskan untuk tidak berpartisipasi.

Beberapa pihak disebut mulai menyatakan minatnya untuk mengambil alih apa yang dimiliki keluarga Glazer. Investor kawakan Paul Marshall dan mantan ekonom Goldman Sachs Group Jim O'Neill sudah meminta agar keluarga Glazer menjual saham kepemilikan Manchester United hingga mencapai 49,9%.

Sebagai informasi, kedua orang ini juga merupakan penggemar lama Manchester United dan bahkan pernah mencoba membeli klub pada tahun 2010. Mereka berdua juga menyarankan saham harus dijual pada harga IPO awal di tahun 2012, yaitu masing-masing US$ 14 per lembar saham.

Manchester United sendiri ditaksir memiliki nilai perusahaan sebesar US$ 3,3 miliar atau sekitar Rp 46,2 triliun. Jumlah itu sudah termasuk utang.

(hal/eds)