Cara Genjot Bisnis Warteg Biar Raup Omzet Jumbo

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 26 Apr 2021 19:45 WIB
Cara Baru Makan di Warteg Warmo
Ilustrasi/Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Bisnis warteg sudah menjamur, bahkan boleh dibilang persaingannya ketat. Nah, di tengah persaingan tersebut, bagaimana mendongkrak omzet bisnis warteg?

Founder & CEO Foodizz Rex Marindo mengatakan bisnis warteg memiliki omzet yang besar. Namun akan lebih besar lagi jika bisnis tersebut diinovasikan mengikuti perkembangan zaman.

"Di sinilah kuncinya kita paham tentang inovasi sebetulnya karena kalau warteg diinovasi, dikasih ide besar, ini menjadi sebuah bisnis yang luar biasa dan akan menjadi bisnis yang menghasilkan omzet luar biasa," katanya dalam Festival Ide Bisnis detikcom, Senin (26/4/2021).

Marindo mengajak masyarakat untuk mencontoh konsep panda express yang ada di Amerika Serikat (AS). Menurutnya, bisnis itu memiliki peluang besar jika dijadikan konsep warteg di Indonesia dengan menu makanan yang lebih banyak dan tempat yang nyaman.

"Dia di AS punya cabang di 2018 kurang lebih hampir 2.100 cabang dengan omzet US$ 3,5 miliar. Ini warteg sebetulnya tapi versi AS di mana kita lihat pakai stainless semua, kemudian menu-menunya beragam," imbuhnya.

Menurutnya, bisnis warteg memiliki peluang yang besar karena bisa menyasar seluruh pasar mulai dari kalangan kecil hingga atas sekalipun.

"Di Indonesia siapa sih yang nggak makan warteg dari mulai segmen B mungkin sampai A bisa-bisa saja makan warteg. Permasalahannya adalah, apakah cukup proper atau tidak jika kita memakan warteg yang memang misalnya dari sisi tempat duduk kurang enak atau panas," jelasnya.

(hns/hns)

Tag Terpopuler