Warga Bogor, Ada Layanan Bus Gratis Nih Mulai Juni! Ini Rutenya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 12:07 WIB
Busway Layang
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Layanan bus buy the service bakal muncul di Kota Bogor. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) merencanakan bus ini bisa dijalankan antara bulan Juni atau paling lambat Juli 2021.

Menurut Kepala BPTJ Polana Pramesti bus ini akan diuji coba dengan tarif gratis untuk masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat mau berpindah ke transportasi umum dari angkutan pribadi.

"Agar ada shifting angkutan pribadi ke angkutan umum dengan keterjangkauan, tahap pertama kami akan lakukan ini dengan gratis," ungkap Polana.

Dalam bahan paparan Polana dijelaskan bus ini akan menggunakan tiket elektronik. Selama tiga bulan tahap sosialisasi akan diberlakukan, dalam masa sosialisasi ini harga tiket masih Rp 0 alias gratis.

"Untuk terlaksananya program ini supaya akuntabel akan kami gunakan e-ticketing. Ini akan kami berikan tarif Rp 0 dengan e-ticketing," ujar Polana.

Kemudian usai dari masa sosialisasi tarif akan ditentukan berdasarkan studi kemampuan dan kemauan membayar masyarakat. Yang jelas subsidi akan tetap diberikan oleh pemerintah.

"Bila demand-nya sudah ada, kami tetap akan berikan subsidi dengan pengenaan tarif yang ditanggung pemerintah," kata Polana.

Sebagai informasi, melalui skema buy the service pemerintah akan membayar operasional bus 100% kepada operator bus. Pemerintah akan membuat kontrak dengan operator bus, lalu operator harus memenuhi beberapa standar pelayanan minimum dengan biaya operasional yang sudah dibayarkan oleh pemerintah.

"Kami akan menyiapkan ke operator penyedianya, lisensi akan diberikan ke operator yang memenuhi klasifikasi dan kontrak dengan operator. Mereka harus menjalankan standar pelayanan minimum yang ditetapkan, kalau ada yang melanggar itu maka akan disanksi," ungkap Polana.

Adapun 6 rencana rute bus buy the service di Bogor sendiri adalah sebagai berikut:
a. Terminal Bubulak-Yasmin-Warung Jambu-Baranangsiang/Cidangiang
b. Terminal Bubulak-Stasiun Bogor-Kebun Raya Bogor-Baranangsiang/Cidangiang-Ciawi
c. Terminal Bubulak-Stasiun Bogor-Kebun Raya Bogor-Suryakencana/Empang-Sukasari Lawang Gintung-Ciawi
d. Ciawi-Baranangsiang/Cidangiang-Kebun Raya Bogor-Warung Jambu Pomad/Ciparigi
e. Ciparigi-Stasiun Bogor
f. Parung Banteng-Warung Jambu via R3

(hal/eds)