Sah! Bahlil Lahadalia Resmi Jabat Menteri Investasi

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 15:40 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi. Pelantikan dilakukan langsung di Istana Negara.

Selain Bahlil, Jokowi juga mengangkat Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan-Riset Teknologi. Keduanya telah mengucap sumpah dituntun oleh Jokowi langsung.

Bahlil selama ini menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dia juga disebut-sebut sebagai calon kuat Menteri Investasi.

Sumber detikcom pun sebelumnya memastikan Bahlil telah dipilih sebagai Menteri Investasi.

"Fix! Bahlil Menteri Investasi," kata sumber detikcom dikutip kemarin Selasa (20/4/2021).

Cuma, saat dikonfirmasi, Bahlil enggan berkomentar lebih jauh soal Menteri Investasi. Dia tidak ingin mendahului keputusan Presiden Joko Widodo

"Saya ini pembantu presiden. Jadi urusan yang kebijakan Bapak Presiden mohon maaf dengan segala hormat, kami tidak dalam posisi untuk menjelaskan karena bukan domain BKPM," kata Bahlil dalam video conference, Senin (26/5/2021).

"Itu sebagai pembantu harus tahu diri. Itu kewenangan Presiden. Itu adalah hak prerogratif presiden. Kami mengerjakan sesuai apa yang ditugaskan, baik berdasarkan aturan maupun perintah lisan, untuk menjaga iklim investasi, meningkatkan realisasi investasi, dan bagaimana memudahkan semua bagi investor baik di dalam dan luar negeri dan bagaimana mendorong tumbuhnya usaha baru. itu posisi kami," sambung Bahlil.

Kini, Bahlil resmi menjabat Menteri Investasi. Tugas menarik modal masuk ke Indonesia pun sudah menanti. Selamat bekerja!

(das/hns)