Tak Lagi Jabat Menristek, ke Mana Bambang Brodjonegoro?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 17:40 WIB
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyebutkan, pariwisata jadi salah satu sektor yang paling terpukul karena adanya pandemi COVID-19.
Bambang Brodjonegoro (Foto: detikcom)
Jakarta -

Bambang Brodjonegoro baru saja melepas jabatannya sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek). Ia melepas jabatannya sejalan dengan bergabungnya Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lalu, ke mana Bambang setelah ini?

Bambang mengatakan, usai menyelesaikan tugasnya sebagai Menristek, ia akan kembali menjadi guru besar di Universitas Indonesia (UI).

"Kembali jadi guru besar FEB UI," kata Bambang kepada detikcom lewat pesan singkat, Rabu (28/3/2021).

Bambang mengaku belum mendapat tugas baru dari Jokowi. Ia juga menepis saat disinggung soal Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Negara.

"Belum, dan tidak mengarah ke sana," ujarnya.

Untuk diketahui, Bambang telah menjabat sebanyak tiga kali sebagai menteri di pemerintahan Presiden Jokowi. Pada periode pertama Jokowi, Bambang menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Kemudian, ia digeser menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas. Baru setelah itu dipindah menjadi Menristek/Kepala BRIN.

Sinyal Bambang akan meninggalkan Kemenristek diketahui saat meresmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan. Bambang mengatakan kegiatannya hari itu merupakan kunjungan kerjanya yang terakhir sebagai Menristek.

"Kunjungan daerah pertama saya sebagai Menristek itu adalah ke Unhas, kunjungan daerah maksudnya. Waktu itu saya membuka joint working group meeting Indonesia-Prancis dalam bidang penelitian didampingi Rektor, dan hari ini mungkin akan kunjungan saya terakhir ke daerah sebagai Menristek," kata Bambang saat meresmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin, Jumat (9/4/2021).

Ia mengatakan, sesuai dengan rapat paripurna DPR RI, maka tak ada lagi Kemenristek.

"Karena sesuai dengan hasil sidang paripurna DPR tadi, Kemenristek akan dilebur ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi artinya tak ada lagi Kemenristek dan tak ada lagi kunjungan daerah dari Menristek ke mana pun," tutur Bambang.

(acd/dna)

Tag Terpopuler