Pesan Menaker Jelang May Day: Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 21:53 WIB
Menaker
Foto: Kemnaker: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mempersilahkan para pekerja untuk merayakan May Day yang akan diperingati beberapa hari lagi. Namun, Ida mengingatkan agar para pekerja tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Saya ingatkan temen-teman pekerja yang nanti merayakan May Day agar tetap mengikuti protokol Kesehatan," kata Ida dalam keterangan tertulis, Rabu (28/4/2021).

Ia pun tidak menginginkan para pekerja mengabaikan prokes sehingga menimbulkan klaster baru. Baginya, merebaknya kasus COVID-19 yang sedang melanda di India harus menjadi pelajaran berharga.

"Kita harus banyak belajar dari India yang melonggarkan prokes yang mengakibatkan klaster baru yang lebih dahsyat. Ini jangan sampai menimpa kita," ucapnya.

Pada May Day 2021 ini, Ida menuturkan Kementerian Ketenagakerjaan juga ikut merayakan dengan menyelenggarakan vaksinasi bagi pengurus konfederasi dan sejumlah kegiatan sosial lainnya.

"Kami juga akan menyelenggarakan May Day bersama-sama dengan serikat pekerja/serikat buruh dan APINDO sebagai unsur pengusaha. Berbagai kegiatan sosial akan kami selenggarakan sebagai bentuk kepedulian kami," ucapnya.

Ia berharap, May Day dapat menjadi momentum penguatan kebersamaan dan persaudaraan, menjadi alat pemersatu bangsa, dan meningkatkan ketahanan sosial untuk melawan COVID-19.

Sebagai informasi, para pekerja dan buruh akan memperingati peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Pada kegiatan ini para buruh akan turun ke jalan untuk menyampaikan pendapat, aspirasi, dan tuntutan mereka.

(ega/hns)