Walmart Protes Logonya 'Dicontek' Yeezy Milik Kanye West

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 10:08 WIB
Jaringan toko ritel Walmart di dunia
Foto: Dok. Walmart.com
Jakarta -

Raksasa ritel Amerika Serikat (AS), Walmart protes karena logo baru merek pakaian milik bintang Rapper Kanye West, Yeezy dianggap terlalu mirip dengan logo perusahaannya.

Walmart telah mengajukan surat penolakan ke US Patent and Trademark Office atau Kantor Paten dan Merek Dagang AS, 21 April lalu. Dalam surat itu dijelaskan, desain logo Yeezy sangat mirip dengan logonya.

"Walmart percaya bahwa desain logo yang digambarkan dalam Aplikasi Yeezy sangat mirip dengan desain logo milik Walmart," tulis Walmart pada surat penolakan, dikutip dari CNN, Kamis (29/4/2021).

Dalam surat itu juga dijelaskan bagaimana kesamaan dua logo perusahaan itu. Kedua logo tersebut menyerupai matahari. Logo Walmart memiliki garis tebal yang terlihat seperti sinar matahari dan logo yang diusulkan Yeezy memiliki garis yang terdiri dari serangkaian titik yang juga menyerupai sinar matahari.

Selain itu, Walmart mengungkap sempat berkomunikasi dengan Yeezy pada Juli dan Agustus 2020 serta di awal tahun ini. Namun, menurut ritel itu tidak ada kesepakatan apapun dalam beberapa pertemuan itu.

"Sampai saat ini, kami belum menerima informasi konklusif dari Yeezy mengenai rencana penggunaan atau kerja sama apa pun dari Yeezy untuk menemukan kesamaan," bunyi surat penolakan Walmart.

Walmart sendiri telah menggunakan logo mirip matahari sejak 2007, dan Yeezy mengajukan dokumen untuk logo yang diusulkan pada Januari 2020. Saat dimintai keterangan mengenai kabar tersebut, pihak Yeezy belum menanggapi permintaan komentar

Sebagai informasi, Kanye West telah mendapatkan banyak uang dari perusahaan fesyennya. Rapper yang menjadi maestro sepatu disebut memiliki kekayaan US$ 6,6 miliar. Sebagian besar kekayaannya dari bisnis pakaiannya. Kemitraan sepatu Yeezy West dengan Adidas dan lini pakaiannya dengan Gap bernilai gabungan US$ 3,2 miliar hingga US$ 4,7 miliar.

(fdl/fdl)