5 Tips Atur Duit Supaya Dompet Aman Sampai Lebaran

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 12:36 WIB
Infografis hitung-hitungan THR bagi yang masa bekerja belum setahun
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim
Jakarta -

Pencairan uang Tunjangan Hari Raya (THR) tinggal menghitung hari nih. Pernah nggak ngerasa THR baru cair langsung menguap sebelum Lebaran tiba?

Kalau sering kejadian kayak gini bisa jadi detikers nggak punya rencana itu THR mau dipakai apa saja. Kalau direncanakan lebih awal alias sebelum cair, THR biasanya bisa lebih awet dan teratur penggunaannya.

Rencana anggaran itu bisa terdiri dari pengeluaran apa yang harus diprioritaskan, hingga antisipasi kebutuhan dadakan yang kadang tak terduga jumlahnya.

Nah, terkait manajemen keuangan keluarga saat Ramadhan, dikatakan Dra.Latifah Iskandar, mengatur isi dompet sangat penting agar kita bisa menjalankan bulan suci ini lebih berkualitas dan bermakna.

Demi mencegah pemborosan, Ustazah Latifah menyarankan agar Bunda melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Tentu saja supaya isi dompet kita aman hingga Lebaran tiba.

Berikut tipsnya:

1. Harus membuat perencanaan

Fenomena yang terjadi di bulan Ramadhan yakni banyak masyarakat lebih produktif berjualan. Terutama menjual hidangan sahur dan buka puasa. Ini memang sangat membantu para bunda, yang tak perlu repot menghidangkan menu sahur dan berbuka untuk keluarga.

"Jadi, kita harus punya rencana pengeluaran, kita harus tahu untuk apa saja uang yang kita miliki selama bulan Ramadhan," tutur Ustazah Latifah.

Lanjut ke halaman berikutnya klik di sini.



Simak Video "Airlangga Pastikan Pekerja Dapat THR Dibayar Penuh Minimal H-7"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)