Jeff Bezos Jual Tiket Wisata Luar Angkasa, Minat?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 22:15 WIB
Jeff Bezos
Jeff Bezos/Foto: Associated Press
Jakarta -

Perusahaan antariksa milik Jeff Bezos, Blue Origin, segera menjual tiket wahana roket wisata luar angkasa bernama New Shepard. Informasi itu diumumkan dalam sebuah video yang dirilis pada hari Kamis.

"Teman-teman, betapa menariknya ini. Ayolah!," kata Bezos dalam video tersebut dikutip dari CNBC, Kamis (29/4/2021).

Sayangnya Blue Origin tidak menjelaskan berapa harga tiketnya. Detail lebih lanjut akan diinformasikan pada 5 Mei kepada mereka yang mengirimkan nama dan email pada formulir di situs web perusahaan.

"Daftar untuk mempelajari bagaimana Anda bisa membeli kursi pertama di New Shepard," demikian keterangan situs web perusahaan.

Video tersebut menampilkan Jeff Bezos pergi menggunakan New Shepard setelah uji terbang perusahaan awal bulan ini. Terlihat dia mengemudi melintasi gurun Texas, lokasi terpencil dari fasilitas peluncuran roket pariwisata luar angkasa tersebut.

New Shepard dirancang untuk menampung enam orang dalam perjalanan melewati tepi luar angkasa, di mana pada penerbangan uji sebelumnya mencapai ketinggian lebih dari 340.000 kaki (atau lebih dari 100 kilometer) dengan jendela besar untuk memberi pemandangan kepada penumpang.

Saham Virgin Galactic turun sebanyak 3% dalam perdagangan setelah Blue Origin memposting videonya karena perusahaan Bezos akan bersaing dengan Sir Richard Branson di sektor ruang khusus pariwisata suborbital.

Hingga saat ini, Virgin Galactic telah menjual tiket kepada sekitar 600 penumpang dengan harga masing-masing antara US$ 200.000-250.000 atau setara Rp 2,9-3,6 miliar (kurs Rp 14.415/US$), meskipun perusahaan berharap dapat menaikkan harga secara substansial untuk penerbangan komersial pertama.

Pada tahun lalu, Jeff Bezos mengatakan Blue Origin akan memberi harga penerbangan New Shepard serupa dengan pesaingnya itu.

(aid/hns)

Tag Terpopuler