Lipsus Bukit Algoritma

Asal-usul Tercetus 'Silicon Valley' Bukit Algoritma

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 07:30 WIB
Lokasi proyek Bukit Algoritma, Silicon Valley-nya Indonesia
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom: Lokasi proyek Bukit Algoritma, 'Silicon Valley'-nya Indonesia
Jakarta -

Proyek Bukit Algoritma di Cikidang, Sukabumi tiba-tiba menjadi ramai diperbincangkan. Seperti apa asal-usul tercetusnya calon 'Silicon Valley'-nya Indonesia itu?

Proyek tersebut awalnya dicetuskan oleh PT Bintang Raya Loka Lestari. Perusahaan yang dipimpinnya oleh Dhanny Handoko itu mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk pembentukan kawasan ekonomi khusus (KEK) Cikidang. Dia menjelaskan usulan tersebut sudah hampir 3 tahun lalu.

Rencana bisnisnya adalah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Fusi Sains dan Teknologi Canggih Pariwisata Menyeluruh. Ada lima pilar dalam kerangka KEK Cikidang. Kala itu belum ada pemikiran tentang 'Silicon Valley'.

"Ada lima pilar, pariwisata, pertanian 4.0, kesehatan presisi, fusi teknologi maju, ruang dan gaya hidup tangguh berkelanjutan," kata Dhanny saat berbincang dengan tim detikcom baru-baru ini di lokasi Bukit Algoritma.

Dia membeberkan mengenai lima pilar tersebut. Mengenai pariwisata, dia menjelaskan yang harus dilakukan adalah memperindah, mempernyaman, mempermudah aksesibilitas, menyiapkan amenities, dan menyiapkan atraksi.

Selanjutnya tentang pertanian 4.0, yakni harus menyiapkan kemandirian pangan. Selanjutnya harus menjamin kesehatan baik dari berbagai aspek.

"Nah kalau ini sudah tercapai, siaplah sekarang ini karena memang dengan momentum pandemi mungkin soal teknologi ini semakin penting, itulah fusi teknologi maju," sebutnya.

Lanjut ke halaman berikutnya soal asal-usul tercetusnya Bukit Algoritma.