Buka Toko ke-40 di Solo, Uniqlo Gandeng UMKM

Ari Purnomo - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 14:25 WIB
Gerai Uniqlo di Solo
Foto: Ari Purnomo/detikcom: Gerai Uniqlo di Solo
Solo -

Uniqlo membuka toko pertamanya di Solo atau toko ke-40 di seluruh Indonesia, Jumat (30/4/2021). Toko yang berlokasi di Solo Paragon Mall tidak hanya menyediakan beragam produk dari Uniqlo, tetapi juga menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal Solo.

Stefanie Saragih selaku Public Relation (PR) Manager Uniqlo Indonesia menjelaskan, keberadaan produk UMKM di salah satu instalasi di toko Uniqlo adalah sebagai bentuk dukungan terhadap produk UMKM lokal.

"Pada dasarnya kita menyadari bahwa kita juga ingin mendukung UMKM lokal sekitar Solo. Dengan cara memberikan mereka satu instalasi dan menampilkan produk-produk mereka," ujar Stefanie kepada wartawan disela pembukaan toko Uniqlo.

Dengan adanya satu tempat di dalam toko Uniqlo yakni di Neighborhood Collaboration (#Soloneighborhood), kata Stefanie, nantinya pengunjung tidak hanya bisa melihat produk-produk dari Uniqlo. Melainkan juga bisa melihat produk-produk unggulan dari UMKM di Kota Solo.

"Tujuannya ketika customer masuk ke Uniqlo mereka tidak hanya bisa melihat produk dari Uniqlo tetapi juga bisa melihat produk-produk dari UMKM lokal," tuturnya.

Stefanie menambahkan, untuk produk-produk dari UMKM tersebut akan terus diperbaharui setiap enam bulan sekali. Mengingat di Kota Solo sendiri terdapat sangat banyak UMKM yang mempunyai produk unggulan dan layak untuk diketahui oleh masyarakat luas.

"Banyak UMKM lokal yang bagus-bagus namun tidak bisa semuanya kita tampilkan wadahi. Oleh karena itu setiap enam bulan sekali kita akan coba ganti terus kita perbaharui dan kita tampilkan UMKM lainnya," ucapnya.

"Kami percaya bahwa global is local local is global, maksudnya di sini kita percaya bahwa setiap produk itu punya keunggulan masing-masing dan kita di sini saling mendukung," sambungnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo) Indonesia, Yugo Shima, menuturkan bahwa Uniqlo memiliki desain yang sederhana, berkualitas dan ketahanan seperti yang diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat di Solo.

"Bagi Uniqlo, Lifewear adalah komitmen kami dalam membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik melalui pakaian," ungkapnya.

Simak Video: Jadi Menteri Investasi, Bahlil: Kita Kawinkan Pengusaha Besar-UMKM

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)