Sssttt... Sudah Tahu 2 Cara Ampuh Hemat Biaya Promosi Bisnis?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 16:47 WIB
Bisnis online
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Biaya yang dibutuhkan untuk marketing atau memasarkan bisnis di era digital bisa sangat terjangkau, bisa juga tidak. Misalnya saja strategi marketing melalui iklan, endorsement, dan paid promote di media sosial ada yang terjangkau maupun tidak, tergantung pada influencer yang dipilih.

Namun, ternyata cara ampuh memasarkan produk tanpa harus menguras biaya. Digital Marketer, CEO and Founder Tribelio Denny Santoso membeberkan, ada 2 cara ampuh untuk menghemat biaya marketing:

1. Bangun Komunitas

Denny mengatakan, komunitas adalah cara ampuh paling utama memasarkan produk tanpa menguras biaya. Untuk membangun komunitas, pebisnis harus bisa mengumpulkan data pelanggan. Maka dari itu, penting mengumpulkan data dari orang-orang yang sudah pernah membeli produk dari pebisnis tersebut.

"Kalau memasarkan produk, kita nggak bisa hanya mengandalkan Instagram, Youtube, atau TikTok, kita harus punya database pelanggan," kata Denny dalam sesi Inspiring Talks Festival Ide Bisnis hari ke-5, Jumat (30/4/2021).

Denny mengatakan, data terpenting dari pelanggan adalah email. Dari email itu, pebisnis bisa mengirimkan promosi produk setiap harinya untuk pelanggan. Selain promosi, pebisnis juga bisa memberikan artikel atau tips-tips menarik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dari cara itulah secara otomatis terbentuk komunitas.

"Cara mudah itu di Instagram ada link, nah di situ nanti pelanggan bisa memasukkan emailnya atau mendaftar ke situs atau aplikasi kita. Nah, setelah itu setiap hari kita bisa kirim email," papar Denny.

Jika sudah terbentuk komunitas, secara otomatis komunitas itu akan terus menyoroti produk-produk yang Anda luncurkan. Dengan sendirinya, komunitas akan menyebarluaskan produk tersebut tanpa Anda harus memasarkannya lewat iklan.

"Artinya kalau kita punya komunitas atau fans, kita keluarkan produk baru, orang suka, itu langsung heboh sejagat raya, tanpa harus iklan, nggak perlu masuk TV atau apa, semua orang review produk Anda, jadi goal akhirnya seperti itu," urai dia.

2. Rutin Membuat Konten di Media Sosial

Meski tak memasang iklan, membayar endorsement, atau pun paid promote, pebisnis bisa memasarkan produknya melalui konten yang diunggah di media sosial setiap hari. Dengan rutin mengunggah konten, maka semakin banyak dan semakin sering calon pelanggan yang bisa dijangkau.

Selain mengunggah konten, ia juga menyarankan untuk rutin melakukan live di media sosial untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan.."

" Jangan menjadikan Instagram hanya sebagai katalog produk. Tapi sebagai media komunikasi, menjangkau market, konsumen setiap hari. Kalau live di Instagram bisa menjangkau audiens setiap hari. Kalau WhatsApp kan perlu satu-satu. Saya juga posting setiap hari. Kalau kompetitor Anda (posting) setiap hari, Anda seminggu sekali, ya yang paling banyak dilihat siapa? Makanya harus bisa, harus rutin," pungkas dia.

(vdl/dna)