Era Digital, Belanja Pengadaan Pemda Kini Bisa Lewat Marketplace

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 02 Mei 2021 09:23 WIB
Online Shop
Foto: Internet
Jakarta -

Tren belanja lewat marketplace kini telah merambah sektor pengadaan barang pemerintah. Selain pusat, pemerintah daerah juga kini memanfaatkan platform marketplace untuk melakukan pengadaan barang dan jasa.

Hal itu tercermin dari kerja sama antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Mbizmarket dalam pemanfaatan mbizmarket.co.id, platform marketplace B2B (business-to-business) untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan Pemerintah Provinsi Riau dengan nilai belanja maksimal hingga Rp 50 juta per transaksi.

Pemerintah Provinsi Riau mengadaptasi pemanfaatan platform perdagangan elektronik mbizmarket untuk meningkatkan efektifitas dan efiesien belanja pemerintah. Pemanfaatan platform B2B e-commerce di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau untuk memenuhi kebutuhan barang/ jasa pemerintah ini telah sesuai dengan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Kami sangat senang dan bangga terpilih untuk mendukung Pemerintah Provinsi Riau dalam melakukan transformasi digital pengadaan barang/ jasa di lingkungan pemerintah. Selain menghadirkan infrastruktur teknis untuk dukungan transaksi pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa, kami siap membantu pertumbuhan UMKM di Riau dengan membuka jaringan pasar bagi UMKM di Riau untuk memperoleh akses menjadi penyedia bagi kebutuhan belanja barang/ jasa pemerintah," ujar CEO Mbiz, Rizal Paramarta dalam keterangan resminya, Minggu (2/5/2021).

Kerjasama yang dilakukan ini juga sekaligus untuk mendongkrak potensi belanja dari UMKM. Hal itu dikatakan oleh Gubernur Riau Syamsuar

"Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini berupaya menghadirkan solusi terhadap UMKM di Riau yang jumlahnya kurang lebih 191.778, di mana 37.027 berdomisili di Pekanbaru, dalam pelibatan belanja pengadaan pemerintah dengan melakukan kolaborasi dengan e-marketplace untuk menyediakan flatform belanja digital (toko daring). Potensi belanja pengadaan barang/jasa pemerintah bagi UMKM di Riau dapat mencapai Rp 715 milyar atau sekitar 40% dari total belanja pengadaan pemerintah pada tahun 2021. Kerjasama antara Pemprov Riau dan Mbizmarket ini dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas berdasarkan prinsip value for money dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk Daerah, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah", ujarnya.

Selama masa pandemi, mbiz.co.id dan mbizmarket.co.id mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan, dan mencatat kinerja penjualan dua kali lipat dibanding tahun 2019. Kenaikan angka penjualan tersebut didorong dari keberhasilan Mbiz dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan dari berbagai perusahaan swasta dan juga pemerintah provinsi daerah.

Dengan terealisasinya kerjasama ini, Riau menjadi provinsi pertama di pulau Sumatera yang menjalin kerjasama dengan Mbizmarket di tahun 2021. Kerjasama Mbizmarket dengan Pemerintah Provinsi Riau ini diharapkan dapat direplikasi oleh pemerintah provinsi lain di tanah air.

(toy/zlf)