Buntut Kerumunan, KRL Berhenti di Pasar Tanah Abang Bakal Dibatasi

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 02 Mei 2021 16:01 WIB
Jakarta -

Buntut adanya kerumunan di Pasar Tanah Abang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung mengambil tindakan dengan melakukan pembatasan jadwal KRL yang berhenti di Stasiun Tanah Abang. Menurut Anies, PT KAI akan merekayasa jadwal sehingga tidak ada KRL yang datang ke Tanah Abang di jam tertentu.

Anies berasumsi, kepadatan di stasiun terjadi kareana pengunjung dan pedagang yang meninggalkan pasar secara bersamaan. Sehingga, mereka menumpuk di Stasiun Tanah Abang.

"Sudah ada pembahasan kami dengan Dirut PT KAI, bahwa KCI akan melakukan penyesuaian jam operasional. Nanti detailnya akan diumumkan setelah pembicaraan teknis tuntas," ucap Anies di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021).

Anies kemudian mengungkapkan jam-jam KRL tidak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang.

"Karena itu mulai besok sore akan ada perubahan jadwal kereta KCI yang melintasi Stasiun Tanah Abang. Sore besok pukul 3 (15.00 WIB) sampai 7 (19.00 WIB) KCI tidak akan berhenti di Tanah Abang dan tidak akan mengangkut penumpang dari sana," kata Anies.

"Nah detilnya nanti DAOP 1 bersmaa Dishub akan sampaikan bersama-sama secara lengkap," kata Anies.

Sebagai gantinya, Pemprov DKI akan sediakan angkutan umum untuk mengangkut pembeli dan pedagang di Tanah Abang. Mereka akan diantar ke beberapa stasiun-stasiun terdekat.

"Untuk alternatif Pemprov sediakan Bus Transjakarta yang akan beroperasi dari Jalan Jati Baru angkut penumpang menuju stasiun lain. Jadi para penumpang bagi yang akan menggunakan, bagi pedagang yang perlu kendaraan umum, bisa difasilitasi," katanya.

(toy/dna)