Ingatkan Larangan Mudik, Wagub DKI: Lebaran Bisa Secara Virtual

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 02 Mei 2021 19:18 WIB
Sneakers Local Brand Exhibition
Foto: Sneakers Local Brand Exhibition (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik pada Lebaran tahun ini. Langkah tersebut untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Menurut Riza, Lebaran bisa dilakukan dirayakan melalui virtual tanpa mengurangi maknanya. Hal tersebut Riza sampaikan saat berkunjung ke Mall of Indonesia (MOI), Jakarta Utara.

"Yang pulang kampung tadi pesen kita pertama, diminta tetap berada di Jakarta, tidak usah pulang kampung, Lebaran dapat dilakukan secara online, secara virtual dengan menggunakan media sosial, video call, tidak mengurangi subtansi dan makna," katanya Minggu (2/5/2021).

Dalam catatannya, Riza menjelaskan, terjadi peningkatan kasus COVID-19 dalam 5 kali liburan. Hal ini membuat pemerintah pusat maupun daerah untuk mengambil keputusan melarang mudik.

"Jadi kami minta tetap berada di Jakarta untuk memastikan bahwa tidak ada gerakan intensitas, mobilitas, interaksi yang dapat menimbulkan kerumunan pertamuan di kampung. Apalagi kalau di kampung kita ketemu orang tua, kakek, nenek, keluarga terdekat. Jangan sampai kita pulang ke kampung bukan membawa kebahagiaan, mau Lebaran mudik, tapi justru membawa virus," paparnya.

Ia pun meminta masyarakat untuk bersabar, Dia bilang, jika virusnya sudah hilang masyarakat dapat kembali ke kampung halaman.

"Untuk mohon seluruh warga bersabar nanti setelah betul-betul hilang COVID-nya kita bisa kembali ke kampung," katanya.

(acd/dna)