Menteri KKP Ajak Nelayan Probolinggo Budidaya Ikan Kerapu hingga Lobster

M Rofiq - detikFinance
Minggu, 02 Mei 2021 21:31 WIB
Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono ke Probolinggo
Foto: Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono ke Probolinggo(M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, memantau kondisi pelabuhan dan pantai utara di Kota dan Kabupaten Probolinggo. Dalam kesempatan itu ia juga mengajak para nelayan dan kelompok kerja warga pesisir pantai untuk kembangkan usaha perikanan.

Kunjungan kerja Trenggono pertama ke Pelabuhan Pantai Ikan Mayangan di Kelurahan Mayangan, Kecamatqn Mayangan, Kota Probolinggo, setelah berbincang - bincang secara langsung, Menteri Kelautan dan Perikanan bersama perwakilan nelayan.

AkhirnyaTrenggono, memerintahkan pihak otoritas pelabuhan untuk bekerja sama mengembangkan sektor di bidang usaha perikanan lebih modern dan pengembangan laut, bersama para nelayan pantai Mayangan.

"Kita ajak rembuk dan musyawarah antara pihak kementrian kelautan dan para nelayan pantai Mayangan, dari masukan yang ada dan permintaan nelayan disini, kami perintahkan pihak otoritas pelabuhan, untuk bekerjasama bekerja perikanan dan kemajuan perkembangan pelabuhan lebih baik dan maju" ujar Trenggono Menteri Perikanan dan Kelautan, saat dikonfirmasi.

Kujungan kerja Trenggono, kembali temui para nelayan serta kelompok dagang warga pesisir pantai di Pondok Hati, Dusun Toroyan, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. pertemuan pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan dan pihak terkait bersama nelayan dan kelompok kerja dan dagang tertutup awak media tidak diperkenankan masuk.

Kementrian memberikan bantuan sejumlah paket bantuan sarana Bioflok kepada beberapa pondok pesantren dan unag tunai, dan kepada sejumlah Pokdakan jutaan benih udang Vaname dan benih kerapu Cantang serta uang jutaan rupiah di Kabupaten Probolinggo.

Salah satunya yang menerima bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan, 1 paket bantuan sarana bioflok kepada
Ponpes Al Amin Rp 200.000.000, 400.000 ekor benih udang vaname, kepada Pokdakan Lito Barokah dan uang tunai Rp 6.000.000, dan 400.000 ekor benih udang Vaname ke Pokdakan Sumber Abadi dan uang tunai Rp 6.000.000, dan 10.000 ekor benih kerapu Cantang kepada Pokdakan Gili Aqua Mina.

"Kami melakukan safari Kunker ke wilayah nelayan pantai utara Jawa, untuk di Kabupaten Probolinggo, kebetulan Bupati memiliki pondok pesantren maka kami memberikan bantuan ke beberapa pondok agar bisa melakukan pengembangan di bidang sektor perikanan, dan beberapa nelayan dan kelompok dagang, untuk memajukan perekonomian dibidang hasil kelautan" jelas Trenggono.

Untuk di Kabupaten Probolinggo, pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan akan berhubungan langsung dengan pemerintah daerah, untuk potensi sektor kemaritiman, seperti mengajak masyarakat untuk budi daya ikan kerapu Cantang, udang Vaname dan lobster, karena ada pulau yang layak untuk bisa membudidayakan kerapu Cantang dan lobster di perairan pulau Gili Ketapang.

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, dengan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan, seperti di perairan Pulau Gili Ketapang layak untuk membudidaya udang Vaname dan kerapu Cantang, semoga dengan kunjungan kerja Trenggono, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khusus wilayah pesisir.

"Dari hasil kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, dan bantuan peralatan dan benih lobster dan kerapu Cantang, bisa meningkatkan pendapatan warga pesisir pantai utara, dan nelayan bisa bekerja secara milineal ke depannya," tegas Tantriana.

(dna/dna)