Negeri Samba Jadi Destinasi Baru Program Ekspor Shopee

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 10:22 WIB
kantor shopee
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Dalam upaya mewujudkan 500.000 eksportir baru di tahun 2030, Shopee kembali memperluas jangkauan ekspor UMKM melalui Program Ekspor Shopee. Kini, Program Ekspor Shopee Kreasi Nusantara 'Dari Lokal untuk Global' memiliki destinasi negara terbaru yaitu Brazil di Amerika Selatan.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan Shopee melihat potensi yang kuat pada produk lokal untuk bersaing di pasar Internasional. Karena itulah, Shopee terus berupaya untuk memberikan medium dan solusi agar UMKM lokal mampu dikenal di berbagai negara.

"Hadirnya destinasi ekspor terbaru, yaitu Brazil, merupakan upaya kami untuk turut ikut serta dalam merealisasikan komitmen pemerintah dalam mendorong dan mendukung keberlangsungan penjual lokal di Indonesia. Kami berharap program ini tidak hanya menjadi wadah tetapi juga solusi untuk meningkatkan eksposur produk-produk lokal di pasar dunia," kata Handhika dalam keterangan tertulis.

Hingga saat ini, program Ekspor Shopee telah berhasil mencatatkan peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat sejak diluncurkan pada bulan Juni 2020 hingga Februari 2021. Potensi yang kuat dari produk penjual lokal terlihat dari jumlah produk penjual lokal yang mencapai 1,2 juta produk berhasil diekspor pada Februari 2021 ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Pembukaan destinasi baru tersebut disambut suka cita oleh para pelaku UMKM, salah satunya Founder Roughneck 1991 Rusli Ikhwan. Ia mengatakan Program Ekspor Shopee merupakan wadah yang sangat bagus, karena penjual lokal diberikan kemudahan untuk melebarkan eksistensi serta berpartisipasi dalam memajukan ekonomi negara dan program ekspor pemerintah.

"Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami dapat mendukung dan memiliki kesempatan mengekspor produk-produk Roughneck 1991 ke Brazil, Amerika Selatan. Inisiatif ini membawa pengaruh baik tidak hanya terhadap kami yang berpartisipasi, tetapi juga semangat bagi penjual lokal lainnya untuk berani memulai dan terus meningkatkan potensi produk-produk lokal," ujar Rusli.

"Kami berharap Shopee dapat terus berinovasi dan bersama kita menggerakkan roda perekonomian Indonesia," tambahnya.

Roughneck 1991 mulai bergabung dengan program Ekspor Shopee sejak 2021. Saat ini produk-produk nya sudah dapat dibeli di negara-negara seperti Malaysia, Singapura Filipina, Thailand, Vietnam, dan yang terbaru Brasil.

Mayoritas tujuan ekspor untuk produk Roughneck 1991 saat ini adalah Malaysia, di mana produk favorit yang dipesan antara lain hoodie dalam berbagai warna serta jaket.

Rusli menambahkan saat bergabung dengan program ekspor Shopee, ia sadar hal tersebut merupakan peluang besar dan kesempatan untuk memperluas pasar Roughneck 1991 hingga ke luar negeri.

"Kemudahan ekspor yang diberikan oleh Shopee membawa dampak positif, pokoknya keren! Kami antusias untuk mempersiapkan produk bagi Brazil, pasar Amerika Selatan. Pastinya masih banyak perlu dipelajari khususnya dari sisi perilaku konsumen dan tren. Tapi kami yakin produk Roughneck 1991 dapat diterima di Brasil," tuturnya.

Ia pun berharap bersama Shopee dapat memperkuat jalinan Kerja sama yang luar biasa agar dapat bersama-sama menjaring pasar Asia Tenggara.

"Semoga bersama kami dapat membangun sistem distribusi di negara destinasi untuk mempercepat proses pengiriman, dapat memperkuat Program Ekspor Shopee dengan melakukan aktivasi marketing di negara tujuan Program Ekspor," imbuhnya.

Tonton juga Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia":

[Gambas:Video 20detik]



(prf/hns)