Program Ekspor e-Commerce Bantu Usaha Fesyen Lokal Meluncur ke Brasil

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 10:23 WIB
Roughneck
Foto: dok. Shopee Indonesia
Jakarta -

Seiring kemajuan zaman, pelaku usaha asli Indonesia kini semakin berkembang dan mulai menunjukkan produk variatif yang berkualitas dengan harga terjangkau. Kini, produk-produk lokal tak hanya bersaing di dalam negeri tapi mulai unjuk gigi di luar negeri dengan adanya program ekspor dari e-commerce Shopee.

Salah satu pelaku usaha asal Indonesia yang berhasil memperluas jangkauan pasarnya lewat Shopee adalah Roughneck 1991. Brand lokal ini bergerak di industri fesyen Indonesia sejak tahun 2015 dengan memproduksi dan menjual pakaian pria.

Founder Roughneck 1991, Rusli Ikhwan mengatakan sejak awal bisnisnya menempuh strategi pemasaran melalui sosial media. Ia percaya bahwa penjualan online, yang pada saat itu masih melalui ranah sosial media, tidak terbatas ruang dan waktu sehingga konsumen dari mana saja bisa menghubungi dan mengakses produk untuk berbelanja.

Tak hanya itu, Rusli juga turut memperkuat brand awareness Roughneck 1991 dengan mengikuti bazar offline dan membuka beberapa flagship store/toko offline. Ia menyebutkan upaya ini juga dilakukannya untuk mengkomunikasikan pada pengguna offline mengenai keuntungan berbelanja online. Berkat upayanya, lanjut Rusli, ia berhasil memiliki konsumen loyal bahkan juga membentuk komunitas konsumen yang disebut Roughest-neck.

Kendati berhasil dengan penjualan offlinenya, Rusli tetap meyakini tingginya potensi dari penjualan secara online, terlebih di era digitalisasi. Untuk itu, ia pun memperkuat eksistensi produknya di ranah digital dengan strategi penjualan melalui Shopee pada tahun 2016.

"Kami melihat potensi yang luar biasa pada penjualan online. Bayangkan kita tidak perlu membayar toko, tetapi traffic yang hadir dan berbelanja bisa mencapai jutaan dalam satu waktu. Mana ada toko offline yang bisa menampung seperti itu," ujar Rusli dalam keterangan tertulis, Senin (3/5/2021).

"Tetapi merupakan tugas dari pelaku usaha untuk mengkomunikasikan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat khususnya konsumen untuk berbelanja secara online. Yang pertama kami pikirkan adalah kemudahan, mulai dari akses, transaksi, kenyamanan hingga keamanan. Saat itu, kami memutuskan untuk bergabung dengan Shopee agar konsumen mendapatkan pengalaman belanja online terbaik," imbuhnya.

Rusli mengatakan saat ini brand Roughneck 1991 telah dikenal sebagai salah satu brand lokal unggulan di Shopee. Ia pun terus berupaya menjangkau pasar yang lebih luas, salah satunya dengan berpartisipasi dalam Program Ekspor Shopee sejak 2021 ini.

"Program Ekspor Shopee ini merupakan wadah yang sangat bagus. Melalui program ini, penjual lokal diberikan kemudahan untuk melebarkan eksistensi serta berpartisipasi dalam memajukan ekonomi negara dan program ekspor pemerintah," kata Rusli.

Berkat program ini, lanjutnya, produk-produk Roughneck 1991 kini dapat dibeli di negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura Filipina, Thailand, Vietnam, dan yang terbaru Brasil. Diketahui, Brasil merupakan destinasi negara terbaru dalam jangkauan Program Ekspor Shopee.

"Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami dapat mendukung dan memiliki kesempatan mengekspor produk-produk Roughneck 1991 ke Brasil, Amerika Selatan," ungkap Rusli.

"Kami antusias untuk mempersiapkan produk bagi Brasil, pasar Amerika Selatan. Pastinya masih banyak perlu dipelajari khususnya dari sisi perilaku konsumen dan tren. Tapi kami yakin produk Roughneck 1991 dapat diterima di Brasil," imbuhnya.

Rusli menyebut ia sadar betul jika Program Ekspor Shopee dapat menjadi peluang besar dan kesempatan untuk memperluas pasar Roughneck 1991 hingga ke luar negeri. Oleh karena itu, ia mengatakan pihaknya senang sekali saat pertama kali mendengar adanya ratusan pesanan dari luar negeri.

Menurutnya, ekspor merupakan hal yang sangat diimpikan bagi para pelaku usaha lokal. Kendati demikian, ia mengatakan bahwa seperti diketahui bersama perjalanan ekspor juga cukup jauh karena prosesnya yang cukup sulit meliputi administrasi, perizinan dan lain-lain. Karenanya, Rusli menilai kemudahan ekspor yang diberikan oleh Shopee membawa dampak positif yang menurutnya keren.

Rusli pun menilai inisiatif Shopee melalui Program Ekspor ini membawa pengaruh baik tak hanya pada bisnisnya tapi juga bagi UMKM lain. Menurutnya, program ini dapat memberi semangat bagi penjual lokal lainnya untuk berani memulai dan terus meningkatkan potensi produk-produk lokal.

Ia pun berharap Shopee dapat terus berinovasi bersama UMKM untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan pihaknya melihat potensi yang kuat dalam produk-produk lokal untuk bersaing di ranah internasional. Untuk itu, lanjut Handhika, sebagai platform berbasis teknologi Shopee terus berupaya untuk memberikan medium dan solusi untuk membawa karya lokal Tanah Air agar dapat dikenal di berbagai negara.

"Hadirnya destinasi ekspor terbaru, yaitu Brasil, merupakan upaya kami untuk turut ikut serta dalam merealisasikan komitmen pemerintah dalam mendorong dan mendukung keberlangsungan penjual lokal di Indonesia. Kami berharap program ini tidak hanya menjadi wadah tetapi juga solusi untuk meningkatkan eksposur produk-produk lokal di pasar dunia," ungkapnya.



Simak Video "Mobil Indonesia Laris Manis di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)