Kronologi Ajakan Belanja dari Sri Mulyani yang Disalahartikan Politikus

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 07:00 WIB
Menkeu Sri Mulyani mengikuti rapat kerja dengan Komite IV DPD. Dalam rapat tersebut, Sri Mulyani menjelaskan polemik desa fiktif di Sulawesi Tenggara.
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Ajakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar masyarakat berbelanja baju Lebaran dikaitkan dengan kerumunan Pasar Tanah Abang. Ada politisi yang salah mengartikan maksud ajakan tersebut.

Berikut 3 kronologinya:

1. Sri Mulyani Ajak Masyarakat Belanja Baju Lebaran

Sri Mulyani meminta masyarakat belanja agar kegiatan ekonomi tetap berjalan. Cara belanjanya pun bisa lewat online, sehingga menekan penularan COVID-19.

"Ada bagusnya juga Lebaran tetap pakai baju baru, beli baju baru supaya walaupun Zoom nanti pakai baju baru sehingga muncul aktivitas di masyarakat bisa terjadi. Jadi saya harapkan masyarakat tetap menyambut ini dengan gembira, dengan bersyukur namun kita juga menjaga supaya risiko terjadinya penularan tidak terjadi," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa edisi April 2021, Kamis (22/4/2021) lalu.

2. Manfaatkan Harbolnas

Ajakan Sri Mulyani tersebut terkait program pemerintah tentang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) jelang Lebaran. Lewat Harbolnas ini diharapkan komunikasi dan saling berbagi di momen Lebaran tetap terjalin meskipun masyarakat dilarang mudik.

"Walaupun tidak ketemu tapi kita masih bisa mengirimkan bingkisan kepada yang Anda sayangi di tempat asal kita dan sekarang dengan berbagai macam teknologi digital itu memungkinkan," ucap Sri Mulyani.

3. Disalahartikan Politikus

Politikus PKS Mardani Ali Sera yang ikut buka suara menyoroti heboh kerumunan Pasar Tanah Abang. Dia khawatir ajakan tersebut menimbulkan kerumunan baru. "Ajakan belanja oleh pemerintah bisa menimbulkan kerumunan baru di mana-mana. Iya nggak sih?" cuit Mardani di Twitter.

Anggota Komisi I DPR Fadli Zon juga menyinggung ajakan belanja dari Sri Mulyani. Dia menyertakan hashtag sindiran.

"Ada menteri yang imbau masyarakat belanja termasuk baju baru. Ada masyarakat belanja di pasar dan mal hingga timbul kerumunan. Ada yang bubarkan kerumunan. #sirkusnegeribingung," kata Fadli Zon.

Tonton juga Video "Hore! Pemerintah Guyur Rp 500 M untuk Ongkir Harbolnas Lebaran":

[Gambas:Video 20detik]



(aid/fdl)