Kenangan Bersama Bill Gates dan Melinda: Bagi-bagi Duit Rp 780 T

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 11:53 WIB
Kemesraan Melinda Gates
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pendiri Microsoft, Bill Gates bersama Melinda Gates dikenal sebagai pasangan filantropis yang kerap menyumbangkan hartanya untuk tujuan kemanusiaan melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

Dilansir dari situs web Gates Fondation, Selasa (4/5/2021), yayasan tersebut sudah aktif menyalurkan bantuan sejak tahun 2000. Selama 20 tahun, yayasan tersebut telah menggelontorkan dana US$ 53,8 miliar, setara Rp 780 triliun (kurs Rp 14.500/US$).

"Yayasan kami telah menghabiskan US$ 53,8 miliar sejak tahun 2000, dan menurut kami hal itu membantu mitra kami membuat perbedaan," kata Gates dan Melinda dikutip detikcom.

Keduanya mengungkapkan alasan mendirikan yayasan tersebut, yakni untuk memberi rasa optimisme tentang masa depan. Sejak masa kanak-kanak, keduanya melihat bagaimana orangtuanya membantu di komunitas lokal, dan mereka diajari bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Sayangnya, keduanya menyadari ada faktor-faktor di luar kendali seseorang yang menyulitkan beberapa orang untuk mencapai potensi mereka.

"Kami bangun setiap hari dengan tekad untuk menggunakan sumber daya kami untuk menciptakan dunia di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk menjalani hidup yang sehat dan produktif. Yang terpenting, kami percaya ini: Semua kehidupan memiliki nilai yang sama. Itulah mengapa kami membuat keputusan untuk mendonasikan kekayaan kami dari Microsoft untuk membantu orang lain," jelasnya.

Tantangan yang mereka hadapi ketika memulai tujuan mulia itu adalah melakukannya dengan cara yang bermakna dan berdampak tinggi. Mereka pun mulai menyumbangkan komputer ke perpustakaan umum di seluruh Amerika Serikat. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menggunakan komputer.

Suatu hari, Bill dan Melinda membaca artikel surat kabar tentang jutaan anak di negara miskin yang meninggal karena penyakit, seperti diare dan pneumonia yang sebenarnya mudah diobati di negara kaya.

"Itu mengejutkan kami. Sebagai orang tua baru, kami sangat terpukul. Jika ada yang lebih buruk dari kematian seorang anak, kami berkata satu sama lain, maka tentunya, itu kematian seorang anak yang bisa dicegah," ujar keduanya.

"Kami mengirim artikel tersebut ke Bill Sr. dengan catatan: "Ayah, mungkin kita bisa melakukan sesuatu tentang ini." Delapan kata itu mengubah sisa hidup kami," tutur Bill dan Melinda.

Simak Video: Awal Pertemuan Bill Gates dan Melinda di Microsoft hingga Punya 3 Anak

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2