Beli Hewan Kurban Pakai THR? Bisa Dong

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 12:17 WIB
Sapi kurban di Musola Assalam stres dan diare
Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta -

Tunjangan Hari Raya (THR) sudah cair belum? Biasanya sih seminggu sebelum Lebaran THR sudah cair ya.

Nah, kalau sudah cair, biasanya itu THR dipake buat apa saja ya? Yang paling standar adalah beli baju bedug, beli kue-kue buat dibuka pas hari raya nanti, atau dipakai buat lunasin utang, dan lain-lain.

Menurut Financial Planner, Annisa Steviani, uang THR harus dikelola dengan sebaik mungkin. Terutama jika punya utang dan pengeluaran tahunan yang perlu dibayarkan.

"Nah barulah setelah pengeluaran-pengeluaran itu selesai, baru (THR) bisa dipakai untuk belanja. Jadi jangan dibolak-balik, ya," katanya dalam sesi Live Instagram bersama HaiBunda Selasa (27/4/2021).

Selain mengalokasikan uang THR untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran bulanan dan tahunan, wanita yang akrab disapa Icha ini juga menyarankan untuk menyisihkan sebagian uang THR untuk membeli hewan kurban.

"Kalau (THR) masih sisa dan kalau mau aja sih ini sebenarnya, itu aku suka menyisihkan untuk kurban. Jadi setidaknya kalaupun enggak bisa 100% (terkumpul), 50% sudah ada," jelas Icha.

"Jadi misalnya harga kambing Rp 4 juta, nah Rp 2 juta nya itu sudah kita alokasikan dulu. Kita pindahkan dulu ke rekening lain. Jadi, ketika kurbannya tiba, kita tuh tinggal ngumpulin setengahnya," sambung Icha.

Lantas mana yang harus jadi prioritas pakai uang THR ya? Beli baju Lebaran atau kue-kue Lebaran? Jawabannya ada di halaman selanjutnya ya, klik di sini.



Simak Video "Dapat THR, Sisihkan Untuk Zakat Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)