Sarinah bakal Buka Lagi November, McDonald's Comeback?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 04 Mei 2021 17:51 WIB
Umat Islam melaksanakan salat jumat di kawasan Sarinah Jakarta, Jumat (16/10/2020).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pada pertengahan 2020 lalu, gerai pertama McDonald's di Indonesia, yang berlokasi di Sarinah harus tutup karena ada proyek renovasi besar-besaran. Renovasi Sarinah sudah berjalan, dan ditargetkan rampung pada November 2021 mendatang.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Sarinah akan menjadi pusatnya produk lokal buatan UMKM. "Insyaallah November ini Sarinah bangkit dari tidur, di mana Sarinah menjadi pusat daripada brand-brand lokal yang selama ini dianggap nomor 2. Kita bisa lihat tren daripada merek-merek lokal dan hasil ciptaan bangsa Indonesia juga sudah standar dunia. Di situlah Sarinah ingin menjadi lokomotifnya," kata Erick dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Lalu, apakah McDonald's bisa membuka kembali gerainya di Sarinah?

Erick tidak secara gamblang mengatakan apakah McDonald's akan kembali buka di Sarinah atau tidak. Namun, Erick menjelaskan, meskipun Sarinah akan menjadi pusatnya produk lokal, pihaknya tetap menyediakan lapak untuk produk luar negeri. Khususnya untuk bisnis kuliner seperti restoran, nantinya 80% diwajibkan produk lokal, dan sisanya 20% untuk produk luar negeri.

"Tentu Sarinah sendiri secara gedung, kan dia punya fasilitas daripada kuliner, di situ kita sudah memutuskan 80% lokal, 20% bisa brand lain," ungkap Erick.

Adapun ketentuan 100% harus produk lokal hanya berlaku di department store di dalam Sarinah. Selain itu, nantinya akan hadir juga Duty Free Shop di satu lantai khusus, area trading, dan kuliner terpisah.

"Jadi di dalam kompleks itu ada department store yang 100% merek lokal, ada lantai khusus buat Duty Free, ada lantai khusus di atas untuk trading, lalu ada fasilitas kuliner makanan juga, yang 80% brand lokal," pungkasnya.

Lihat juga Video "Top 5: Henky Solaiman Meninggal, Selebrasi Penutupan McD Sarinah":

[Gambas:Video 20detik]



(vdl/zlf)