Asyik! BLT UMKM Rp 1,2 Juta Sudah Meluncur ke 8,6 Juta Penerima

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 12:24 WIB
Sejumlah warga mendatangi Bank BRI Unit Rorotan, Jakarta. Mereka mengantre untuk mendapatkan Banpers Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 1,2 juta.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) hingga kini sudah disalurkan kepada 8.635.025 penerima. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 10,4 triliun, masing-masing menerima Rp 1,2 juta.

"Sudah tersalurkan sebesar 8,635 juta, artinya 8,6 juta penerima sudah tersalurkan dengan nominal hampir Rp 10,4 triliun sudah tercairkan," kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya kata dia dalam Dialog Produktif Rabu Utama secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Hingga 12 Mei mendatang, pemerintah menargetkan banpres produktif bisa tersalurkan kepada 9,8 juta penerima dengan realisasi anggaran Rp 11,76 triliun. Berarti, realisasinya sudah 88% dari target 9,8 juta penerima sampai 12 Mei.

"Jadi kalau di presentasi itu ada sekitar 88% untuk yang 9,8 juta," tuturnya.

Sementara tahun ini, pemerintah membidik BLT UMKM Rp 1,2 juta untuk 12,8 juta penerima. Sebab, ada tambahan kuota sebanyak 3 juta penerima baru. Saat ini sedang dilakukan proses data.

"Sejak diputuskan oleh KPCPEN tanggal 1 Maret lalu memang benar sekali direncanakan 12,8 juta penerima yang merupakan kombinasi antara penerima yang lama dengan penerima baru," tambah Eddy.
Penasaran kamu termasuk penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta atau bukan? Coba cek di eform.bri.co.id/bpum. Ikuti caranya, seperti berikut ini:

1. Klik e-form BRI (https://eform.bri.co.id/bpum)
2. Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi
3. Klik proses inquiry
4. Jika sudah masuk, Anda akan menerima pemberitahuan apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak
5. Jika terdaftar sebagai penerima, kamu sebagai pelaku usaha mikro bisa mendatangi kantor BRI untuk mencairkan BLT UMKM Rp 1,2 juta. Bantuan juga bisa langsung ditransfer ke rekening.

(toy/fdl)