Hobi Koleksi Tanaman Hias Bisa Jadi Uang Bun, Simak 5 Tipsnya

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 21:45 WIB
Calon pembeli memilih tanaman kaktus mini,  di Kampung Kaktus Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (6/10/2020). Petani mengaku, penjualan tanaman kaktus mini yang dijual dengan harga Rp.35 ribu per batang hingga Rp.2 juta tersebut mengalami peningkatan sebesar 200 persen seiring kembali maraknya hobi menanam bunga di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Selama masa pandemi, banyak yang menemukan beberapa hobi baru agar tidak bosan selama di rumah. Beberapa mungkin memiliki hobi baru untuk menanam tanaman hias.

Selain untuk mempercantik rumah, ternyata tanaman hias juga memiliki manfaat lain nih. Dengan adanya tanaman hias, sirkulasi udara di rumah jadi lebih jernih dan menyehatkan. Selain itu, tanaman hias juga bisa mengurangi stres, lho.

Selain berdampak positif pada kesehatan dan psikologis, ternyata tanaman hias bisa berdampak pada bidang finansial nih. Ternyata bisa mendapatkan keuntungan dari hobi merawat tanaman loh.

Sebelum terjun ke bisnis ini, perlu yakinkan diri terkait beberapa hal, nih. Yakinkan apakah benar cinta terhadap tanaman, jenis tanaman yang bisa tumbuh di area dekat rumah, hingga pelanggan atau target pasarnya.

Dilansir laman Indoor Gardening, berikut ini adalah tips mendapatkan uang dari hobi mengoleksi tanaman hias:

1. Jual tanaman

Ada banyak tanaman yang bisa Bunda tanam dan mendapatkan banyak uang dari menjualnya, nih. Ada berbagai jenis tanaman yang bisa dijual karena sedang tren di pasaran. Anda bisa menjualnya dalam pot bunga indoor modern atau untuk outdoor.

Selain tanaman hias, ternyata tanaman herbal juga banyak peminatnya nih. Tanaman seperti daun bawang, ketumbar, oregano, dan serai, adalah pilihan bagus untuk dijadikan sumber penghasilan.

2. Fotografi tanaman

Saat ini, menjual tanaman mungkin bukan pilihan yang paling mudah. Namun tidak ada salahnya mencoba ya. Jika tidak ingin menjual koleksi yang berharga, Bunda bisa menjual fotonya saja.

Bunda bisa menjual gambar-gambar tanaman ke berbagai majalah maupun situs gambar online. Selain itu, jika Bunda memiliki situs blog terkait berkebun, Bunda bisa memperoleh uang dari sana. Tanaman Bunda tetap selamat, uang juga tetap didapatkan.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips mendapatkan uang dari hobi mengoleksi tanaman hias yang lainnya ya.

Cari tahu lebih banyak tips lainnya di halaman berikutnya.

(dna/dna)

Tag Terpopuler