Dipantau Ketat, April-Mei Ada 49.682 TKI Pulang ke RI

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 13:20 WIB
181 TKI yang pulang dari Malaysia tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Mereka sudah mengantongi izin, surat keterangan serta melalui protokol medis.
Ilustrasi/Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta -

Pemerintah mencatat ada sebanyak 49.682 pekerja migran Indonesia (PMI) atau yang dulunya disebut TKI pulang ke Indonesia. Mereka datang dalam periode April hingga Mei 2021.

"Terkait dengan pekerja migran dapat disampaikan bahwa periode Maret, April, Mei itu diprediksi mencapai 49.682 orang. Di mana di bulan April kemarin 24.215 pekerja migran dan di bulan Mei adalah 25467," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (10/5/2021).

Airlangga menegaskan, penanganan terhadap kepulangan PMI tersebut dilakukan secara khusus. Hal itu sesuai dengan instruksi Mendagri yang berkoordinasi dengan pemda tempat kepulangan PMI.

"Satgas koordinasinya oleh pangdam di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, NTB, Kepulauan Riau. Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara," ucapnya.

Para PMI yang pulang itu diharuskan mengikuti prokes yang ketat, seperti melakukan PCR tes dan melakukan karantina. Hasilnya ternyata kasus positif juga cukup tinggi.

"Hasil positif yang cukup tinggi ini diantisipasi di daerah yang memang masuk untuk PMI. Dan kemarin dengan pak gubernur dibahas di daerah-daerah Sumatera, termasuk dengan Riau, Kepri, Kaltara, Kalbar terkait dengan kebutuhan tempat karantina bagi PMI," tambahnya.

Simak Video: WNI di LN yang Hendak Pulang Juga Kena Pengetatan Larangan Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(das/eds)

Tag Terpopuler