Usia 25 Tahun Punya Uang Rp 100 Juta dan Properti, Halu Nggak?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 18:30 WIB
ilustrasi Anak Muda
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Ramai diperbincangkan di Twitter soal usia 25 tahun idealnya punya apa? Dalam unggahan tersebut tertulis sejumlah capaian seperti tabungan Rp 100 juta, cicilan rumah sisa 20%, kendaraan pribadi hingga gaji minimal Rp 8 juta.

Apakah standar tersebut berlaku bagi semua orang? Perencana keuangan Aidil Akbar mengungkapkan hal tersebut tidak masuk akal karena biasanya mereka yang lulus kuliah berada di rentang usia 22-23 tahun.

"Itu halu (halusinasi) aja sih ya, kalau baru lulus kuliah di umur 22-23 tahun dan baru bekerja. Masa di umur 25 tahun sudah punya itu semua, kecuali bapaknya orang kaya dan dapat warisan dari orang tuanya," kata Aidil saat dihubungi detikcom, Senin (10/5/2021)

Dia mengungkapkan, kemungkinan lain adalah bisa didapatkan jika bekerja sejak lulus SMA dan bisnisnya moncer sehingga bisa langsung menabung. Jika secara normal memulai dari nol, adalah hal yang tidak mungkin hal tersebut bisa dicapai di usia 25 tahun.

Menurut Aidil, kemampuan finansial setiap orang dan cara menggapainya sangat berbeda sehingga tak ada patokan ideal untuk memiliki jumlah tabungan atau properti di usia 25 tahun.

"Kemampuan orang kan beda, jadi tidak bisa disamaratakan untuk mendapatkan yang ideal. Kecuali 18 tahun sudah main saham atau kripto yang lagi naik gila-gilaan tapi kan main itu juga butuh modal," jelas dia.

Lihat juga Video: Tantangan Dalam Berekspansi Investasi Properti

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)

Tag Terpopuler