Eh Ketahuan... Jack Ma Nongol di Acara Alibaba Group

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 23:14 WIB
Keberadaan miliarder Cina, Jack Ma tengah menjadi perbincangan publik
Jack Ma/Foto: Getty Images/AFP/P. Parks
Jakarta -

Pendiri Alibaba Group Jack Ma untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan, menampakkan diri di muka publik. Ma menghadiri acara tahunan e-commerce raksasa China tersebut, yakni Ali Day yang berlokasi di kampus Hangzhou.

Dilansir dari Reuters, Senin (10/5/2021), Jack Ma sempat dihebohkan menghilang selama 3 bulan, mulai Oktober sampai Januari 2021. Hilangnya Jack Ma itu menghebohkan dunia, karena ada dugaan ia ditahan otoritas China setelah menyampaikan kritik keras terhadap sistem keuangan Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kritiknya itu ia sampaikan di depan para pejabat China di Shanghai. Setelah menyampaikan kritik itu, anak usaha Alibaba Group, yakni Ant Group gagal menawarkan saham perdananya alias initial public offering (IPO) terbesar senilai US$ 37 miliar.

Akhirnya, misteri menghilangnya Jack Ma terkuak pada pertengahan Januari silam setelah ia muncul sebagai pembicara secara online untuk sebuah acara yang dihadiri guru-guru teladan China. Meskipun tidak diketahui di mana lokasinya, dia tampaknya dalam keadaan bebas dan tidak pernah ditahan oleh pemerintah China seperti spekulasi yang sempat beredar.

Namun, sejak itu Jack Ma belum pernah terlihat tampil di muka publik, hingga pada acara Ali Day tersebut. Ia terlihat di bus antar-jemput kampus yang terbuka. Ia dilaporkan ditemani oleh sejumlah eksekutif Alibaba, menurut foto yang diambil oleh seorang karyawan di acara tersebut, yang dilihat oleh Reuters.

Jack Ma mengenakan kaus biru, celana panjang putih, dan sepasang sepatu kain gaya Cina. Ia juga menampilkan senyumannya.

Seorang karyawan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dirinya sangat senang bisa melihat Jack Ma. "Sayang sekali tidak ada kesempatan untuk berfoto dengannya," kata karyawan itu.

(vdl/hns)